Antarajabar.com - Pemerintah Kabupaten Tasikmalaya, Jawa Barat, menyiapkan bantuan berupa kebutuhan pokok bagi warga yang menjadi korban bencana gempa bumi berkekuatan 5.4 Skala Richter di laut Barat Daya Tasikmalaya, Senin (24/4).
        
"Bantuan berupa kebutuhan pengungsi," kata Kepala Dinas Sosial Kabupaten Tasikmalaya Oki Zulkifli kepada wartawan, Rabu.
        
Ia menuturkan, Pemerintah Kabupaten Tasikmalaya telah menetapkan status tanggap darurat bagi korban bencana alam gempa bumi.
        
Bantuan bagi korban gempa akan disalurkan sesuai dengan data dan jumlah kebutuhan yang ditetapkan oleh Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Tasikmalaya.
        
"Kita menunggu data pasti dari BPBD," katanya.
        
Ia menyebutkan, bantuan yang siap didistribusikan di antaranya makanan pokok, air bersih dan minum, selimut dan kebutuhan lain selama mengungsi.
        
"Dinsos bakal menyiapkan bantuan tanggap darurat berupa kebutuhan sementara masyarakat pengungsi," katanya.
        
BPBD Kabupaten Tasikmalaya menerima laporan kerusakan akibat gempa bumi sebanyak 74 rumah, empat masjid dan satu madrasah.
        
Daerah yang terdampak kerusakan itu terjadi di Kecamatan Cigalontang, Salawu, Sukaresik, Jatiwaras, Cipatujah, Sukaratu, Karang Nunggal dan Taraju.
        
Bencana itu tidak menimbulkan korban luka maupun jiwa, hanya menyebabkan kerugian materi akibat kerusakan bangunan rumah.

Pewarta: Feri P

Editor : Irawan


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2017