Antarajabar.com - Ketua DPRD Provinsi Jawa Barat Ineu Purwedi Sundari menuturkan semangat dan perjuangan RA Kartini senantiasi hadir bagi seluruh kaum perempuan di Indonesia hingga saat ini meskipun sosoknya telah tiada.
        
"Menurut saya sosok Raden Ajeng Kartini adalah seorang perempuan hebat adalah perempuan yang mampu memberikan pengaruh dan manfaat bagi lingkungan di sekitarnya," kata Ineu Purwadewi Sundari, di Bandung, Kamis.
        
Ia menuturkan Peringatan Hari Kartini setiap tanggal 21 April harus menjadi momentum untuk merefleksikan diri bagi kaum perempuan karena sosok Kartini adalah sosok perempuan hebat.
        
Ineu menuturkan pperjuangan dirinya hingga menjadi Ketua DPRD Jabar tak lepas dari semangat perjuangan RA Kartini.
        
"Menjadi seorang perempuan, khususnya perempuan yang berkarir itu tidaklah mudah, terlebih tugas saya sebagai wakil rakyat yang membutuhkan segenap tenaga dan pikiran," kata Ineu.
        
Menurut dia, perjuangan RA Kartini sangat luar biasa karena perjuangannya tersebut dikatakan sebagai titik awal kiprah perempuan untuk bisa mengaktualisasikan jati dirinya.
        
"Sosok RA Kartini menjadi pelopor dan beliau juga sosok yang memiliki pemikiran 'mendobrak' sudut pandang terhadap kaum perempuan saat itu. Sehingga setiap tanggal 21 April kita memperingatinya sebagai Hari Kartini," kata dia.
        
Dirinya mengaku bangga karena berkat perjuangan RA Kartini dizamannya saat ini banyak muncul sosok Kartini lainnya, salah satunya adalah Ketua Umum PDIP Perjuangan Megawati Soekarnoputri.
        
"Ibu Megawati adalah idola, beliau adalah ibu sekaligus perempuan yang sudah berbuat banyak untuk bangsa ini. Ibu Megawati adalah Kartini Masa Kini bagi saya," kata dia.
        
"Ibu Megawati adalah seorang perempuan yang berhasil memimpin, beliau cerdas, tegas dan bisa menyatukan bangsa ini dengan Kebhinekaan," lanjut Ineu.

Pewarta: Ajat Sudrajat

Editor : Irawan


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2017