Antarajabar.com - Hulu Sungai Cikapundung, Bandung, Jawa Barat, ditanami 1.000 pohon bambu dari Meksiko melalui gerakan penanaman pohon yang dilakukan Perhimpunan Bank-bank Nasional (Perbanas) Jawa Barat.

"Jenis bambu yang kami tanam berbeda dengan bambu yang ada di Indonesia, ini baru pertama kali di Indonesia, yakni bambu dari Meksiko. Bambunya penuh, nilai ekonominya akan luar biasa," kata Ketua Perbanas Jawa Barat Rudy Kurniawan di sela-sela kegiatan penanaman pohon bambu tersebut di Bandung, Sabtu.

Menurut Rudi, penanaman pohon bambu dari Meksiko tersebut pertama kali dilakukan di Indonesia.

Ia menuturkan gerakan penanaman 1.000 pohon bambu dari Meksiko tersebut merupakan bentuk kepedulian Perbanas Jawa Barat terhadap lingkungan hidup.

"Jadi ini adalah inisiasi apa yang bisa kami lakukan untuk masyarakat Jabar, khususnya di Kota Bandung. Lalu muncul ide, bagaimana kalau kami menanam pohon untuk mencegah erosi, menambah oksisgen, kemudian kami koordinasi maka terpilih Hulu Sungai Cikapundung," kata dia.

Sementara itu, Sekretaris Daerah Provinsi Jawa Barat Iwa Karniwa yang ikut serta dalam gerakan penanaman 1.000 pohon bambu tersebut menyambut baik gerakan penghijuan melalui kegiatan tersebut.

"Pemprov Jawa Barat mendukung penuh gerakan ini karena manfaat dari penanaman pohon ini akan dirasakan oleh anak cucu kita nanti," kata Iwa.

Ia menuturkan bambu sendiri memiliki mekanisme alam sebagai penyaring alami di sungai.

"Bambu itu punya mekanisme alam, dia bisa menyaring air kotor menjadi bening. Selain itu bambu nilai ekonominya juga bagus, dua tahun dia sudah besar," katanya.

Menurut dia, aksi penanaman pohon oleh Perbanas tersebut tidak sebatas seremonial semata.

"Saya langsung cek, jumlah bambu yang ditanam memang 1.000 tidak kurang. Sebelum hari ini ke sini, saya cek kemarin sudah ada 900 yang ditanam dan hari ini ada 100 yang ditanam," katanya.


 

Pewarta: Ajat Sudrajat

Editor : Sapto HP


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2017