Antarajabar.com - Sekretaris Daerah Provinsi Jawa Barat Iwa Karniwa berterima kasih masuk dalam lima besar kandidat Cagub Jabar 2018 berdasarkan hasil survei yang dilakukan oleh Tim Peneliti Program Pascasarjana UIN SGD Bandung dan Jaringan Masyarakat Peduli Demokrasi.

"Saya mengucapkan terima kasih dan apresiasi atas hasil survei yang menmpatkan saya pada posisi lima besar cagub dan tiga besar Cawagub Jabar," kata Iwa Karniwa ketika dihubungi melalui telepon, Senin.

Ia mengaku terkejut dengan hasil survei tersebut karena hingga saat ini ia fokus bekerja sebagai Sekda Provinsi Jawa Barat dan membantu pimpinan daerah, Pemprov Jabar dan pemerintah pusat terutama tentang percepatan pembangunan infrastruktur dan ketahanan pangan untuk mempercepat kesejahteraan masyarakat.

"Fokus saya sekarang kerja dan kerja, masih banyak persoalan yang harus diatasi termasuk mengatasi banjir di berbagai lokasi di Jawa Barat," kata Iwa.

Menurut dia, saat ini ada sejumlah persoalan dan pekerjaan berat yang diberikan pemerintah pusat kepada dirinya yakni penanganan banjir di Bandung Selatan, pembangunan 14 ruas jalan tol, dan persiapan pembangunan sejumlah waduk untuk ketahanan pangan.

"Pekerjaan ini butuh energi besar karena persoalan di lapangan tidak sesederhana yang kita perkirakan. Karena itu saya lebih banyak berkoordinasi dan turun ke lapangan memastikan apakah penanganan dan upaya yang direncanakan berjalan sebagaimana mestinya," kata dia.

Ia mengatakan mengingat beratnya pekerjaan ini maka dirinya belum mempertaruhkan energi besar untuk urusan politik namun diakuinya bahwa proses komunikasi partai politik memang tidak bisa dikatakan tidak ada sama sekali.

"Namun saya melihatnya ini layaknya pernikahan. Partai politik meminang dan membidik siapa calon pengantinnya," kata dia.

"Saya kira, biarkan saja proses ini berjalan alami. Saya juga tidak mau pengabdian saya untuk masyarakat terganggu oleh masalah seperti ini, enjoy saja. Insya Allah, pemimpin Jawa Barat sudah ada suratannya. Saya ingin bekerja, semata-mata untuk pengabdian," lanjut dia.

Sebelumnya, berdasarkan hasil survei terbaru tentang Pilgub Jabar 2018 dari Tim Peneliti Program Pascasarjana Universitas Islam Negeri Bandung dan Jaringan Masyarakat Peduli Demokrasi merilis Iwa Karniwa (Sekda Provinsi Jawa Barat) masuk dalam lima besar kandidat Cagub Jabar 2018.

"Dalam hasil survei kami ada kejutan, yakni sosok Iwa Karniwa yang selama ini dikenal sebagai birokrat karier, muncul dengan persentase yang melejit berada pada ranking ke-lima Cagub Jabar 2018," kata Direktur Program Pascasarjana PPS UIN Sunan Gunung Djati Bandung, Prof H Agus Salim Mansyur, dalam siara pers hasil survei PPS UIN, Minggu (9/4).

Survei tersebut berhasil sedikitnya menjaring 13 nama bakal calon Gubernur Jawa Barat melalui hasil survei dengan margin of error 5 persen terhadap 5.000 sampel warga Jawa Barat yang tersebar secara kluster di 27 kabupaten/kota yang ada di Jawa Barat.

Ke-13 nama kandidat Cagub Jabar tersebut yakni, Ridwan Kamil (24,28 persen), Deddy Mizwar (18,65 persen), Dede Yusuf (15,68 persen), Dedi Mulyadi (10,70 persen), Iwa Karniwa (8,99 persen).

Kemudian Rieke Diah Pitaloka (8,58 persen), Nurul Arifin (5,58 persen), Desy Ratnasari (1,89 persen), Netty Prasetiyani (1,61 persen), Tb. Hasanudin (1,61 persen), Ineu Purwadewi (0,88 persen), Irfan Suryanegara (0,66 persen), Agung Suryamal (0,64 persen), dan 0, 25 persen beberapa nama lainnya.

Pewarta:

Editor : Ajat Sudrajat


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2017