Antarajabar.com - Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono mengingatkan para sopir truk yang akan melewati  jembatan tol Cisomang, Purwakarta, Jawa Barat, untuk mengarahkan kendaraan mereka ke jembatan timbang untuk diukur beratnya agar tidak ada kelebihan berat yang bisa merusak jembatan.

"Sejak  1 April hingga hari ini,  lewat sekitar 600 truk yang sekitar 17 persen di antaranya melebihi kapasitas,  yang bebannya mencapai 85 ton," kata Menteri PUPR Basuki ketika meresmikan  sepeda gembira di akses tol Priok, Jakarta, Minggu, sebagai tanda selesainya pembangunan tol tersebut.

Akses tol Priok sepanjang 11,4 kilometer selesai pembangunannya  dimulai tahun 2009.

Basuki menegaskan bahwa kewajiban melakukan penimbangan di jembatan timbang itu harus dilakukan karena jika truk itu pun melewati jalan nasional  maka lama- kelamaan jalan- jalan nasional itu akan  rusak akibat beban yang berlebihan yang diangkut truk- truk berukuran besar itu.

Jalan nasional yang dahulu diberi nama jalan negara adalah jalan- jalan yang dibuat oleh pemerintah pusat dalam hal ini Kementerian Pekerjaan Umum

Beberapa bulan lalu, jembatan Cisomang  ditutup karena adanya kerusakan. 

antaranews.com

Pewarta:

Editor : Sapto HP


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2017