Antarajabar.com - Pemkab Cianjur, Jawa Barat,  gencar menjadikan potensi di sejumlah kecamatan untuk dijadikan destinasi wisata andalan,  yang salah satunya pengembangan air terjun Cicalobak di Kecamatan Leles.

Air terjun yang terletak di tengah perbukitan di wilayah selatan Cianjur, yang berjarak 65 kilometer dari pusat kota kabupaten, itu  dapat dinikmati  dari atas dan bawah.

Bupati Cianjur, Irvan Rivano Muchtar, di Cianjur, Jumat, mengatakan, pihaknya dalam rangka "Cianjur Ngabangun Lembur" banyak mengujungi potensi alam yang dapat dijadikan dan dipromosikan sebagai destinasi wisata andalan, sebagai pendukung program Cianjur sebagai tempat wisata pangan dunia.

"Cianjur memiliki banyak air terjun dan wisata alam lain yang dapat dikembangkan dan tidak perlu memakan biaya yang besar," kata dia.

 Sedangkan untuk menunjang terciptanya tempat wisata baru di wilayah tersebut, Ciajur akan mengalokasikan dana dari APBD dan melibatkan pihak swasta.

"Termasuk nanti akan dikembangkan tempat wisata bernuansa kearifan lokal dan religi," katanya.

Air terjun Cicalobak mempunyai ketinggian sekitar 50 meter. Wisatawan yang hendak berkunjung dapat menepuh perjalan yang cukup panjang ke arah selatan dari Kota Cianjur, menuju kantor Desa Sirnasari, Kecamatan Leles, dengan waktu tempuh selama empat jam. Sedangkan lokasi air terjun dari kantor desa, dapat ditempuh selama 15 menit.

Pewarta: Ahmad Fikri

Editor : Sapto HP


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2017