Antarajabar.com - Tiga keluarga nelayan yang meninggal asal Kabupaten Indramayu, Jawa Barat, mendapatkan klaim asuransi jiwa sebesar Rp160 juta dari program Pemerintah Pusat.

Kepala Bidang Kelautan Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Indramayu, Asep Suryana di Indramayu, Jumat, mengatakan dari program asuransi jiwa yang diselenggarakan oleh Pemerintah Pusat bagi nelayan kecil, sudah bisa dirasakan manfaatnya oleh mereka.

"Sudah ada tiga keluarga nelayan yang meninggal dunia mendapatkan manfaat itu, dimana ketiganya masing-masing mendapatkan Rp160 juta," katanya.

Dia menuturkan dari asuransi jiwa bagi nelayan ini tentunya sangat membantu, terutama mereka yang tertimpa musibah untuk itu pihaknya berharap program ini terus berjalan.

Asep mengatakan pada tahun 2016 ada sebanyak 5.180 nelayan kecil yang mendapatkan asuransi jiwa secara gratis dari program Pemerintah Pusat.

"Kalau kita pada tahun kemaren sudah menerbitian sebanyak 5.180 kartu asuransi jiwa gratis untuk nelayan," tuturnya.

Asuransi jiwa itu untuk nelayan yang memiliki kapal dibawah 10 grostone dan juga para anak buah kapal (ABK), jadi tidak semua nelayan mendapatkan asuransi itu.

Selain itu mereka juga harus mempunyai kartu nelayan, karena kartu itu menjadi salah satu syarat untuk mendapatkan asuransi.

"Yang mendapatkan kartu asuransi itu nelayan yang memiliki kartu nelayan," tambahnya.

Pewarta: Khaerul Izan

Editor : Ajat Sudrajat


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2017