Antarajabar.com - PTDI kembali melakukan ferry flight  pesawat terbang CN235-220M Multi Purpose yang dibeli oleh AD Trade Belgia untuk Angkatan Udara Senegal, setelah sebelumnya pada 25 November 2016 pesawat itu melakukan ferry flight ke Royal Thai Police.
        
Ferry flight CN235-220M Multi Purpose Aircraft yang diperuntukkan bagi Angkatan Udara Senegal dilakukan Selasa, di Hanggar Final Assy Fixed Wing PT Dirgantara Indonesia (DI), Jalan Pajajaran Nomor 154 Kota Bandung.
        
Senegal Air Force Chief of Staff, General Birame Diop dan Deputy General Director AD Trade, Belgia, Max Abitbul datang didampingi Direktur Utama PTDI Budi Santoso meninjau persiapan ferry flight pesawat terbang yang dibeli oleh AD Trade Belgia untuk Angkatan Udara Senegal.
        
Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto turut pula hadir untuk menyaksikan ferry flight pesawat CN235-220 Multi Purpose untuk Angkatan Udara Senegal Penandatangan kontrak pembelian telah ditandatangani tanggal 06 November 2014 oleh Direktur Utama PTDI Budi Santoso dan Deputy General Director AD Trade, Belgia, Max Abitbul pada event Indodefence Expo 2014.
        
Kontrak pembelian ini merupakan pembelian yang keempat kalinya dan sebelumnya AD Trade Belgia juga telah membeli tiga unit CN235 dari PTDI Ketiga unit CN235 yang dibeli melalui AD Trade Belgia telah digunakan oleh Burkina Faso sebanyak dua unit dan Venezuela sebanyak satu unit.
        
"Pesawat CN235-220 produk PTDI sudah dikenal luas di berbagai Negara sebagai pesawat multi guna yang efektif dan efisien dan dapat beroperasi dari landasan dengan kondisi terbatas," kata Dirut PTDI Budi Santoso.
        
Ia mengatakan CN235-220M Multi Purpose Aircraft untuk Angkatan Udara Senegal ini memiliki konfigurasi yang dapat diubah dengan cepat (Quick Change Configurations) seperti paratroop, medical evacuation, VIP transport dan passanger transport karenanya mampu menjawab kebutuhan di Negara-negara Asia dan Afrika.
        
"Ini adalah bukti kemampuan bangsa Indonesia dalam menguasai teknologi tinggi," kata Budi.
        
Menurut dia, CN235-220M Multi Purpose Aircraft untuk Angkatan Udara Senegal akan diterbangkan dari Bandara Husein Sastranegara, Bandung ke Dakar, Senegal dengan melalui rute Bandung - Medan - Kolombo - Maldives - Pakistan - Riyadh - Khartoum - Chad - Burkina Faso - Dakar, Senegal.
        
"CN235-220M Multi Purpose Aircraft dilengkapi pintu depan yang bisa dipakai sebagai pintu masuk/keluar untuk VIP/VVIP, dan pintu belakang khusus yang dibuka ke arah dalam dan cukup besar untuk dipakai saat operasi terjun payung," katanya.
         
Sementara ramp door yang ukurannya cukup besar dan tetap ada untuk keluar masuk barang bahkan dapat digunakan untuk memasukkan kendaraan kecil.

Pewarta: Ajat Sudrajat

Editor : Irawan


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2016