Antarajabar.com - Paguyuban Pasundan memberikan bea siswa berupa pembebasan dana pendidikan bagi atlet Kontingen PON XIX/ Jabar yang menuntut ilmu di lingkungan lembaga pendidikan Pasundan.
        
"Ada 30 penerima bea siswa itu, terbanyak dari STKIP Pasundan Kota Cimahi sebanyak 25 orang, sisanya dari tingkat SMA Pasundan," kata Ketua Bidang Kepemudaan Paguyuban Pasundan M Budiana di Bandung, Jumat.
        
Penyerahan bea siswa itu dilakukan pada peringatan  Hari Sumpah Pemuda di Lapangan Bumi Perkemahan Kiarapayung Kecamatan Jatinnagor Kabupaten Sumedang.
        
Salah seorang mahasiswa penerima bea siswa itu adalah Triadi Fauzi, atlet renang peraih delapan medali emas untuk Jawa Barat pada PON XIX/2016 Jabar.
         
Selain Triadi, juga atlet bola voli Wahid Muntasya dan Mafira Dewi.
         
"Mereka akan mendapat apresiasi berupa pembebasan dana pendidikan sumbangan pembinaan pendidikan selama menuntut ilmu di sekolah atau kampus mereka," kata Budiana yang juga Dekan Fakultas Ilmu Politik dan Sosial (FISIP) Unpas itu.
         
Sedangkan atlet yang berstatus mahasiswa mendapat pembebasan uang dana pendidikan (UDP). Apresiasi itu sebagai bentuk dukungan lembaga pendidikan itu bagi dunia olahraga yang telah mengharumkan nama Jawa Barat.
        
Sementara itu atlet renang Triadi Fauzi Sidik menyatakan senang dengan apresiasi dari kampusnya. Ia menyadari kendati mampu berprestasi di bidang olahraga namun harus seimbang dengan pendidikan.
        
"Ya meski bisa berprestasi di olahraga, namun pendidikan tetap menjadi prioritas. Saya bisa lebih konsentrasi," katanya.
        
Triadi merupakan atlet peraih emas terbanyak dalam dua penyelenggaraan PON yakni PON XVIII 2012 dengan tujuh emas dan PON XIX/2016 Jabar dengan delapan medali emas dari kolam renang.
         
Sementara itu Ketua Umum Paguyuban Pasundan Prof Dr Didi Turmudzi menyatakan bangga dengan pencapaian para mahasiswa dan siswa di lingkungan pendidikan Paguyuban Pasundan yang berprestasi di ajang nasional sekaliber PON.
       
Hal itu menurut dia merupakan bagian dari eksistensi Paguyuban Pasundan dalam mendukung dan melahirkan generasi penerus bangsa yang unggul.
   

Pewarta: Syarif

Editor : Syarif Abdullah


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2016