Antarajabar.com - Anggota Komisi V DPRD Jawa Barat Rustandie mendukung imbauan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Anies Baswedan menganjurkan para orang tua untuk mengantar anak-anak pada hari pertama masuk sekolah tahun ajaran baru 2016.

"Saya mendukung imbauan Pak Mendikbud tersebut kalau alasannya untuk memotivasi anak agar semangat ke sekolah dan menjalin komunikasi antara orang tua dengan guru di sekolah serta orang tua menjadi tahu lingkungan sekolah anaknya seperti apa," kata Rustandie ketika dihubungi melalui telepon, Minggu.

Menurut dia dalam anjuran yang telah dituangkan dalam surat edaran resmi Menteri Pendidikan dan Kebudayaan tentang Kampanye Hari Pertama Masuk Sekolah maka hubungan dan interaksi antara orang tua dan guru dapat terbangun seperti untuk mengantisipasi tindak kekerasan yang mungkin terjadi di sekolah.

Politisi dari Fraksi Partai NasDem Hanura DPRD Jawa Barat ini mengimbau kepada orang tua yang berprofesi sebagai ibu rumah tangga agar melaksanakan anjuran untuk mengantar anak pada hari pertama masuk sekolah ini.

Namun, kata dia, jika orang tua yang berprofesi sebagai pegawai negeri sipil yang berdinas di pelayanan publik dimintai agar menyesuaikan anjuran tersebut.

"Jadi kalau orang tuanya sebagai pelayan publik di instansi pemerintahan maka jangan sampai anjuran ini malah membuat dia meninggalkan tugas pokoknya sebagai pelayan publik," katanya.

"Saya berharap orang tua yang berprofesi sebagai pelayan publik bisa tetap mengantar anaknya tanpa mengesampingkan tugas utamanya. Itu kan bisa diatur dengan cara diganti oleh temannya yang tidak memiliki anak atau berstatus lajang di tempat kerjanya," lanjut dia.

Dirinya juga siap melaksanakan anjuran mengantar anak di hari pertama sekolah tersebut. "Alhamdulillah, anak saya yang masuk pesantren sudah saya antarkan ke pesantrennya kemarin. Tinggal yang masuk SMA, itu juga akan saya antarkan saat hari pertama masuk sekolah," kata dia.

Senin, 18 Juli 2016, sebagian besar sekolah di berbagai daerah di Indonesia memulai tahun pelajaran baru 2016/2017.

Menyikapi hal tersebut Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Anies Baswedan menganjurkan para orang tua untuk mengantar anak-anak pada hari pertama masuk sekolah.

Pewarta: Ajats

Editor : Sapto HP


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2016