Antarajabar.com - Tim Satuan Pelaksana "Kabar Kahiji" KONI Jawa Barat melakukan uji balistik peta kekuatan kontingen  peserta PON XIX/2016 Jabar untuk memastikan peluang raihan medali emas tuan rumah aman.
       
"Kami melakukan uji balistik. Bagaimana caranya itu kami lakukan secara 'silent', kami memetakan kekuatan atlet Jabar dengan kekuatan atlet kontingen lain. Kita lakukan sangat intensif," kata Wakil Ketua Satlak Jabar Kahiji KONI Jabar Verdia Yosef di Bandung, Selasa.
       
Tahapan yang disebut 'uji balistik' itu, kata Yosef menggabungkan hasil dari inteligent sport maupun forensik sport yang dilakukan oleh tim khusus di KONI Jawa Barat dengan dukungan sistem informasi dan komunikasi.
       
Ia menyebutkan, pengukuran kekuatan atlet Jabar tidak hanya dilakukan terhadap hasil pertandingan babak kualifikasi dan uji tanding namun juga melakukan pemantauan bakal lawan atlet Jabar.
       
"Dengan uji balistik ini, maka kita mengetahui posisi di mana atlet Jabar, peluang mereka bagaimana meraih emas. Yang pasti semuanya lebih terukur," katanya.
       
Selama dua bulan ke depan, menurut Yosef merupakan tahapan yang sangat menentukan sekaligus krusial dalam persiapan kontingen Jabar.
       
Meski dilakukan pelatihan marathon, termasuk yang berlatih di luar negeri, namun semuanya dipastikan akan tetap aman.
       
"Tingkat cedera bisa diminimalisasi, mereka sudah bisa mengukur latihan mereka yang selama ini ditempa cukup maksimal," kata Yosef menambahkan.

Pewarta: Syarif

Editor : Irawan


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2016