Antarajabar.com - Sebanyak delapan jembatan timbang milik Dinas Perhubungan Provinsi Jawa Barat disulap menjadi  tempat istirahat sementara bagi pemudik Hari Raya Idul Fitri 1437 Hijriah/Lebaran 2016.

Kepala Dinas Perhubungan Jawa Barat Dedi Taufik, di Bandung, Kamis menuturkan dengan  delapan jembatan timbang yang dijadikan tempat istirahat itu diharapkan bisa memberikan rasa nyaman bagi pemudik yang merasa kelelahan ketika diperjalanan.

Kedelapan jembatan timbang  tersebut, kata Dedi, ialah Jembatan Timbang Balonggandu, Jalan Raya Jatisari Km 102, Kabupaten Karawang.

Kedua Jembatan Timbang Losarang di Jalan Raya Losarang, Kabupaten Indramayu, ketiga Jembatan Timbang Tomo, Sumedang di Jalan Raya Bandung-Cirebon, Kabupaten Sumedang.

Keempat Jembatan Timbang Sindangrasa, di Jalan Jenderal Sudirman, Kabupaten Ciamis, kelima Jembatan timbang Cibaragalan, Purwakarta, di Jalan Raya Cikampek-Sadang.

Keenam ialah Jembatan Timbang Kemang, Bogor, di Jalan Raya Kemang, ketujuh Jembatan Timbang Gentong, Tasikmalaya di Jalan Raya Ciawi, Tasikmalaya, dan terakhir Jembatan Timbang Bojong, Cianjur, di Jalan Raya Bandung-Cianjur Km 4,2, Kabupaten Cianjur.

Selain itu, pada tahun ini ada juga tempat istirahat bagi pemudik sepeda motor yang melintas jalur mudik di Jawa Barat yakni di Kantor Camat Ciasem, Kabupaten Subang, Rumah Makan Taman Selera, Kabupaten Indramayu, Rumah Makan Genarhrasa, Nagreg Kabupaten Bandung dan Cijenjing, Kabupaten Ciamis.

Sementara itu, terkait kondisi cuaca yang masih diguyur hujan maka ia mengimbau agar pemudik berhati-hati saat berkendara untuk mudik ke kampung halamannya.

Ada sejumlah tips berkendara aman saat mudik di musim hujan yakni pemudik harus waspada di jalanan banjir, kemudian mengurangi kecepatan untuk mencegah selip, tetap waspada dan perhatian kendaraan serta pastikan tekanan ban cukup.
 

Pewarta: Ajat Sudrajat

Editor : Sapto HP


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2016