Antarajabar.com - PT Len Indutri dan Len Pers Community (LPC) melakukan Gerakan Wartawan Menanam Pohon yang dilakukan di bantaran Sungai Cisangkuy, anak Sungai Citarum, di kawasan Kecamatan Pameungpeuk Kabupaten Bandung, Jumat.

"Kegiatan penanaman pohon Len bersama awak media itu merupakan ajang sinergitas, sekaligus bagian dari kegiatan kami peduli terhadap lingkungan," kata Sekretaris Perusahaan Len Industri Syaifuddin.

Kegiatan penanaman sekitar 200 pohon produktif itu dilakukan di bantaran sungai yang dilakukan oleh jajaran PT Len Industri, Manager Komunikasi Donny Gunawan, 40-an pewarta Bandung serta relawan lingkungan dari Ecovilage Desa Langonsari dan rescue Pandawa dari kalangan pramuka dan pemuda setempat.

Kegiatan yang juga dihadiri oleh Camat Pameungpeuk Kabupaten Bandung Rusli Baijuri itu menanam sejumlah pohon produktif seperti mangga, sukun, nangka dan jambu.

Syaifudin menyebutkan perusahaan BUMN strategis yang berkantor pusat di Kota Bandung itu  menggulirkan program PKBL dan CSR rutin dalam pelestarian alam, salah satunya dengan Program Gerakan sejuta pohon.

"Perseroan komitmen secara berkelanjutan untuk terus menjalankan program tanam pohon dengan pemilihan daerah dan kebutuhan secara tepat. Penanaman bersama insan pers ini salah satu bagian dari program ini," kata Syaifuddin.

Berkat program lingkungannya, kata dia dalam dua tahun terakhir Len meraih penghargaanb CSR Jabar Award dari Gubernur Jabar yang terakhir diterima pada 2 Maret 2016.

Penghargaan itu berkat konisistensi perusahaan dalam melaksanakan kegiatan CSR dari tahun ke tahun melalui bekerja sama dengan mitra CSR Jabar.

Sementara itu Camat Pameungpeuk Kabupaten Bandung Rusli Baijuri menyatakan apresiasi dengan kegiatan itu. Pihaknya juga tengah menggalakan program penghijauan di bantaran sungai itu, selain itu melakukan sosialisasi penanganan sampah, khususnya sampah non organik.

"Sungai Cisangkuy ini merupakan salah satu tatget penghijauan di daerah kami, dan apresiasi dengan kegiatan kegiatan ini. Kami berharap fihak lain juga ikut melakukan penghijauan di kawasan bantaran anak sunai Citarum ini," katanya.

Pada kesempatan itu, ia juga berharap institusi dan organisasi profesi untuk ikut terlibat dalam kampanye penanganan sampah. Karena hal itu merupakan salah satu masalah serius di bantaran Sungai Citarum dan anak sungainya, disamping erosi yang hebat di kawasan hulu sungai itu.

"Wilayah Kabupaten Bandung memiliki hampir semua potensi bencana, kecuali tsunami. Jadi kami lakukan sosialisasi kepada masyarakat untuk siaga bencana,"kata Rusli Baijuri menambahkan.

  

Pewarta:

Editor : Sapto HP


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2016