Antarajabar.com - Sekitar 181 anak yang sedang menjalani masa pembinaan di Lembaga Pembinaan Khusus Anak (LPKA) Sukamiskin, Bandung mendapat penyuluhan kesehatan berupa pola hidup sehat dan bersih dari komunitas sosial Lentera Katumbiri.
       
"Selain penyuluhan para anak juga mendapat bantuan alat mandi berupa sabun, sampo, pasta gigi, dan handuk. Kemudian juga dimeriahkan penampilan perkusi dari anak-anak Rumah Bintang dan band anak-anak LPKA Sukamiskin," kata relawan Lentera Katumbiri, dr Annisa Sundani, di Bandung, Minggu.
       
Annisa yang langsung memberikan penyuluhan kesehatan kepada anak yang menjadi warga binaan LPKA Sukamiskin tersebut mengatakan hidup dalam kebersamaan, satu asrama, dengan karakteristik kesadaran kesehatan berbeda cenderung mengakibatkan penyakit.
       
Terlebih, kata dia, untuk anak laki-laki yang kerap mengabaikan pentingnya merawat tubuh.
        
"Misalnya sering ditemukan memakai handuk bersama. Padahal itu tidak boleh. Atau tidak membersihkan tempat tidur. Sementara bisa saja menjadi sarang bakteri," ujarnya.
        
Ia menuturkan, perawatan tubuh menunjang untuk kehidupan lebih baik sehingga dirinya tak segan-segan mengajak anak-anak LPKA Sukamiskin untuk mengaplikasikan langsung cara merawat tubuh yang benar disertai games yang meriah.
        
"Untuk anak laki-laki, meskipun sudah mencapai usia remaja, susah diajak sadar tentang kesehatannya sendiri. Banyak yang mengabaikannya. Tetapi saya lihat anak-anak LPKA Sukamiskin antusias," katanya.
        
Sementara itu Ketua Panitia Avitia Nurmatari menambahkan komunitas Lentera Katumbiri merasa perlu meringankan beban anak-anak dan membangkitkan asa bahwa mereka masih memiliki hidup lebih baik.
        
"Mudah-mudahan kedatangan kami visa menambah semangat, memberi manfaat, menginspirasi. Jadi ketika anak-anak keluar dari sini bisa membawa cita-cita, mewujudkan mimpi yang sempat tertahan," ujarnya.
        
Koordinator Lentera Katumbiri Dery Fitriadi Ginanjar menyatakan, Lentera Katumbiri berasal dari relawan Kelas Inspirasi Bandung 4 kelompok 15.
        
Setelah kegiatan, para relawan yang berasal dari berbagai profesi tersebut merasa perlu berbuat dan bermanfaat bagi masyarakat banyak.
        
"Relawan kami ada yang berasal dari dokter, dosen, pengusaha, mahasiswa, jurnalis, engineering dan legiatan ini loncatan untuk bermanfaat bagi masyarakat. Nanti kita akan lanjutkan dengan projek lain yang fokus pada kegiatan sosial nirlaba," katanya.
        
Kasubsie Pembinaan LPKA Sukamiskin Roni Nuryadi menyatakan, kegiatan dari Lentera Katumbiri merupakan bentuk silaturahmi elemen masyarakat dengan seluruh unsur LPKA Sukamiskin.
        
Diharapka, anak-anak yang berjumlah 181 orang bisa membawa manfaatnya.
        
"Pembinaan terhadap anak-anak ini bukan tanggung jawab kami semata, tetapi seluruh pihak. Ini jadi langkah awal untuk pembinaan berkelanjutan demi menyiapkan generasi mendatang yang lebih baik," kata dia.

    

Pewarta: Ajat Sudrajat

Editor : Imansyah


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2016