Antarajabar.com - Pemerintah Kabupaten Garut, Jawa Barat, menyatakan kawasan wisata Rancabuaya, Kecamatan Caringin, masuk program rencana strategis pariwisata dan pusat kegiatan wilayah yang dipromosikan oleh Pemerintah Provinsi Jabar.

"Rancabuaya dan sekitarnya masuk pada program Rencana Tata Ruang Wilayah Provinsi Jawa Barat, yakni kawasan strategisnya PKWP (pariwisata dan pusat kegiatan wilayah yang dipromosikan)," kata Sekretaris Dinas Tata Ruang dan Permukiman Kabupaten Garut, Luna Aviantrini kepada wartawan, Senin.

Ia mengatakan Pemerintah Kabupaten Garut tentu mendukung program strategis Pemprov Jabar itu karena akan memberikan dampak positif pada berbagai sektor pembangunan di daerah itu.

"Kabupaten Garut mendukung program PKWP pada sektor itu dengan dilaksanakannya penataan di kawasan lintas Jabar selatan," katanya.

Ia mengatakan Pemprov Jabar memberlakukan aturan larangan pembangunan yang menghadap ke laut karena akan menghalangi keindahan alam.

Selain itu, lanjut dia, insfrastruktur di daerah itu mendapatkan perhatian serius yang ditangani langsung oleh Dinas Binamarga Jabar.

"Untuk prasarana lainnya akan dilakukan pembangunan terminal, dan juga masjid yang dibangun oleh Pemprov Jabar," katanya.

Di kawasan Rancabuaya terdapat objek wisata pantai Rancabuaya, kemudian objek wisata pantai lainnya, serta wisata Puncak Gua Kelelawar.

Rancabuaya merupakan daerah ujung Kabupaten Garut yang berbatasan dengan Kabupaten Cianjur.

Akses jalan menuju Rancabuaya cukup mudah dengan kondisi jalan yang bagus lintas Jabar Selatan yang dapat ditempuh sekitar empat jam dari kota Garut.



Pewarta: Feri Purnama

Editor : Sapto HP


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2016