Antarajabar.com - Pemerintah Kota Cimahi, Jawa Barat, mengharapkan kegiatan Teknologi Tepat Guna (TTG) dapat mendorong berbagai potensi lokal yang mampu meningkatkan taraf ekonomi masyarakat Cimahi.
        
"Saya mengharapkan TTG ini bisa menampilkan potensi-potensi lokal yang bisa meningkatkan taraf ekonomi masyarakat Cimahi," kata Wali Kota Cimahi Atty Suharti saat menghadiri Gelaran TTG di Gedung Historich Kota Cimahi, Rabu.
        
Ia menuturkan gelaran TTG tersebut sesuai dengan misi Kota Cimahi tentang pengembangan inovasi yang diarahkan pada peningkatan kemampuan sumber daya manusia agar mampu bersaing di tingkat regional, nasional, dan global.
        
Pemerintah Kota Cimahi, kata Atty, sudah berupaya melakukan pengembangan sumber daya manusia sejak diresmikannya Akademi Komunitas Negeri (AKN) Cimahi dua tahun lalu.
        
"Pelatihan yang dilaksanakan oleh lembaga pelatihan diharapkan juga menjadi kawah candradimuka untuk membantu pemerintah dalam meningkatkan kemampuan SDM Kota Cimahi," katanya.
        
Selain itu, kata Atty, Pemerintah Kota Cimahi dengan Pemerintah Pusat melakukan pembangunan Techno Park sebagai prasarana pengembangan teknologi di Cimahi.
        
"Diharapkan dengan adanya Techno Park akan muncul inovasi berupa teknologi tepat guna dan teknologi terapan lainnya, diharapkan akan muncul pengusaha pemula," katanya.
        
Kegiatan TTG Kota Cimahi 2016 bertemakan "Dengan Inovasi Teknologi Tepat Guna Kita Tingkatkan Kesempatan Kerja dan Nilai Tambah Pemanfaatan Sumber Daya Alam Lokal Menuju Kemandirian Masyarakat".
        
Kegiatan tersebut menggelar lomba produk TTG sebanyak 30 penggiat TTG, gelar produk dan lomba hias stand UMKM, dan lomba cerdas cermat berbasis teknologi bagi siswa SMP.
        
Atty menyampaikan TTG tingkat Kota Cimahi itu sebagai ajang persiapan mengikuti TTG Tingkat Provinsi Jabar, sekaligus melihat tingkat kemampuan menguasai Iptek, mengembangkan berdasarkan kebutuhan dan sesuai potensi.
        
"Saat ini kesempatan bagi kita menemukan TTG untuk meningkatkan potensi kegiatan yang ada di rumah kita, Insya Allah akan bermuara kepada peningkatan derajat kesejahteraan masyarakat," kata Atty.

Pewarta: Feri P

Editor : Imansyah


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2016