Antarajabar.com - Penyedia aplikasi pembayaran online kian gencar beradu fitur untuk memberikan kemudahan bagi para penggunanya terutama yang menggunakan smartphone.

"Pengguna jelas membutuhkan aplikasi yang lebih mudah dan transparan. Banyak pilihan, namun pengguna kerap memilih fitur yang sederhana namun lengkap," kata Direktur Utama PT Trust Teknologi Palapa Yosef Syarif di Bandung, Jumat.

Ia menyebutkan, penggunaan aplikasi khususnya untuk pembayaran  rutin terus meningkat di kalangan masyarakat Indonesia. Pertumbuhan itu seiring dengan meningkatnya penggunaan android yang menjadi basis layanan itu.

Dalam layanan aplikasi pembayaran online, kata dia terdapat lima syarat yakni mudah, murah, cepat, aman dan berkah.

Mudah kata dia adalah masyarakat mudah mendapatkannya, mudah mendaftar, mudah melakukan transaksi, mudah bila ada masalah untuk melakukan pengaduan.

Sedangkan murah yang  tidak perlu biaya karena aplikasi ini gratis, bisa di download kapan saja, tanpa perlu biaya tambahan, transaksi tidak ada biaya lain-lain, cukup tagihan saja yang dibayar.

"Cepat ya sebagai penyedia aplikasi senantiasa memperbaharui akses, supaya masyarakat cepat dalam mengakses," katanya.

Ia mencontohkan, di produk Cektagihan.com. memiliki kecepatan transaksi  yang dalam  kondisi normal, tidak ada gangguan dari berbagai provider, transaksi bisa 30 detik.

"Sisi lain kecepatan adalah, karena disediakan online, bisa diakses dari seluruh dunia, tidak hanya di Indonesia," katanya.

Hal itu sangat penting bila sedang bepergian ke luar negeri atau ketika umroh, namun harus melakukan pembayaran rutin. Dengan fasilitas aplikasi itu bisa langsung melakukan transaksi dengan bantuan internet.

Yosef menyebutka PT Indotama Palapa Nusantara didirikan 2012 bergerak dibidang layanan Switching Payment, isi ulang pulsa elektrik & tiketing dengan brand "Onlineplus". Personal Digital Service dikembangkan mulai pertengahan tahun 2012 dengan brand “cektagihan” berbasis Mobile Android.

"Kami mengusung tagline 'semua ada di sini', dan aplikasi ini juga bisa dimanfaatkan untuk melakukan pembayaran zakat dan shadaqah karena kami bekerja sama dengan Sinergi Fondation," kata Yosef Syarif menambahkan.

Pewarta:

Editor : Syarif Abdullah


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2016