Antarajabar.com - Ratusan siswa Darul Hikam Internasional School (DHIS) Lembang, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat, membersihkan sampah di pinggiran jalan memperingati Hari Bumi, Senin.

Kepala Sekolah DHIS Lembang, Niknik Andriani mengatakan aksi bersih-bersih bertema "DHIS Go Green 2016 Trash for Cash" di lingkungan sekitar sekolah itu sebagai bentuk kepeduliaan siswa terhadap bumi.

"Siswa harus sadar bahwa bumi yang kita tempati ini harus diperlihara," katanya.

Aksi tersebut dilakukan dengan mengumpulkan dan memilah berbagai jenis sampah untuk selanjutnya dibeli oleh panitia yang sudah bekerjasama dengan pengepul sampah.

Menurut Niknik kegiatan yang diikuti siswa dan gurunya itu untuk membangun kesadaran memelihara bumi sebagai satu-satunya planet yang dapat ditempati manusia.

"Masyarakat harus sadar bumi satu-satunya tempat yang hanya bisa ditempati manusia, jadi harus bersama-sama menjaganya," katanya.

Niknik merencanakan kegiatan pungut sampah itu awal didirikannya bank sampah di Sekolah DHIS untuk mengatasi dan mengurangi jumlah sampah di Kecamatan Lembang.

"Nantinya masyarakat sekitar sekolah bisa menyetor sampahnya di tempat ini," katanya.

Ia berharap gerakan menjaga lingkungan dapat digelar oleh elemen masyarakat lainnya terutama lembaga pendidikan di wilayah Lembang.

"Kegiatan ini harus menjadi contoh yang baik kepada masyarakat," katanya.


Pewarta: Feri Purnama

Editor : Sapto HP


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2016