Antarajabar.com - Sasaran Pekan Imunisasi Nasional Polio 2016 di Jawa Barat pada 8 hingga 15 Maret mencapai 4.371.807 anak umur 0-59 bulan.

"Kami berharap peran serta dari masyarakat, khususnya orang tua yang memiliki anak balita agar bersama-sama menyukseskan PIN Polio 2016 ini," kata Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Barat Alma Lucyati di Bandung, Kamis.

Menurut dia, pihaknya dan Dinas Kesehatan tingkat kabupaten/kota telah melakukan sosialisasi PIN Polisi 2016 kepada warga yang memiliki anak balita.

"Jadi kami imbau para orang tua yang punya anak balita agar membawa anaknya ke pos PIN Polio terdekat," kata dia.

Sementara itu, Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (PKK) Jawa Barat Netty Prasetiyani Heryawan mengimbau seluruh orang tua tidak percaya dengan mitos seputar imunisasi menyusul pelaksanaan Pekan Imunisasi Nasional (PIN) Polio serentak di seluruh Tanah Air pada 8-15 Maret 2016.

"Orang tua tidak perlu meragukan gerakan PIN ini karena pada hakikatnya tidak ada yang diinginkan pemerintah kecuali menghadirkan kualitas SDM yang lebih baik, salah satunya dengan memberikan lima dasar imunisasi lengkap, seperti polio," kata Netty Heryawan.

Ia memastikan, melalui program revitalisasi posyandu yang dicanangkan Pemprov Jabar, diharapkan PIN Polio 2016 ini bisa dilaksanakan hingga di daerah terpencil melalui pergerakan pengurus dan kader posyandu.

"Saya berharap gerakan kader posyandu akan mampu meningkatkan sasaran imunisasi," ujarnya.

Selain itu, lanjut dia, Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Barat dan tingkat kabupaten/kota harus menyediakan akses media untuk mendukung program ini agar berjalan sukses.

"(Target sasaran PIN Polio 2016) kita inginnya 100 persen karena Jawa Barat sebagai provinsi yang aksesnya cukup baik, maka kita berharap ini berjalan dengan cakupan imunisasinya yang tinggi," katanya. 



Pewarta: Ajat Sudrajat

Editor : Sapto HP


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2016