Antarajabar,com - Ikatan Arsitek Landskap Indonesia (IALI) Jawa Barat menggelar Pameran Foto "Aku dan Taman Kotaku" di Jalan Soekarno Kota Bandung, yang merekam aktivitas warga memanfaatkan dan mengaja taman kota di lingkungan masing-masing.

"Lomba foto dan pameran 'Aku dan Taman Kotaku' bertujuan untuk membantun kepedulian dan kesadaran warga terhadap taman kota dan fungsinya," kata Ketua Pengurus Daerah IALI Jawa Barat Dian Heri di Bandung, Minggu.

Kegiatan pameran foto dalam rangka HUT IALI ke-38 tahun 2016 itu menampillkan 50 foto terbaik hasil jepretan kamera warga dari berbagai kota di Jabar. Antusiasme merekam aktivitas taman publik cukup besar, itu terbukti masuknya 227 foto peserta yang terkumpul sejak 22 Januari hingga 10 Februari 2016.

Yosi Syamsu Rizaltampil sebagai juara pertama dengan foto berjudul "Taman Anak Sungai Cikapundung". Foto itu menggambarkan suasana aliran sungai di pinggir Balai Kota Bandung dengan aktivitas anak-anak yang bermain air di lokasi itu.

Ke-50 foto terbaik yang merekam aktivitas warga di taman-taman kota ternyata menarik minat pengunjung yang mengapresiasi kegiatan itu.

Sebagin besar peserta yang berasal dari Kota Bandung itu menggambarkan taman kota dan ruang publik  dimanfatkan oleh warga untuk berbagai kegiatan seperti bermain, bersepeda, bercengkrama dan juga mengambil foto untuk berbagai keperluan.

Penjurian dilakukan di  Sekretariat Perhimpunan Amatir Foto Bandung, yang melibatkan tiga juri  Dudi Sugandi (JurnalisFoto), Hasim Irfan (PAF), dan Achmad Firmansam (IALI).

"Dari hasil kegiatan lomba dan pameran foto, menunjukan minat warga memanfaatkan kehadiran taman kota dan ruang publik tinggi, dan menjadi salah satu kebutuhan bagi masyarakat," kata Dian Heri.

Pada kesempatan itu IALI Jabar mengimbau pemerintah daerah untuk lebih memperhatikan keberadaan dan fungsi dari taman kota bagi warganya.

Selain menggelar pameran foto, IALI Jabar juga menggelar berbagai kegiatan dalam rangka mensosialisasikan dan mendekatkan program-program IALI Jabar kepada masyarakat.

Dalam rangkaian HUT ke-38 itu, juga digelar Tinjauan Lapangan Taman Kota di Bandung dan Diskusi Panel Penyelenggaraan Taman Kota di Jawa Barat 25 Februari 2016.

  

Pewarta:

Editor : Syarif Abdullah


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2016