Antarajabar.com - Pemerintah Kabupaten Garut, Jawa Barat, terus membenahi destinasi wisata unggulan kemudian mempromosikannya agar banyak dikunjungi wisatawan domestik maupun mancanegara.

"Dinas Pariwisata akan terus melakukan upaya-upaya untuk membenahi dan memasarkan masing-masing pariwisata di Garut," kata Kepala Bidang Pemasaran, Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Garut, Mamun kepada wartawan di Garut, Sabtu.

Ia menuturkan, Kabupaten Garut memiliki 36 destinasi wisata yang layak untuk dipromosikan ke tingkat nasional maupun mancanegara.

Ia berharap banyaknya kunjungan wisatawan ke Garut dapat mendongkrak perekonomian yang dampaknya meningkatkan kesejahteraan masyarakat Garut.

"Sektor pariwisata itu akan mendorong multi efek buat masyarakat seperti dapat menumbuhkan ekonomi masyarakat sekitarnya," katanya.

Ia menyebutkan objek wisata yang menjadi unggulan di Garut dan siap dipasarkan diantaranya wisata danau Situ Bagendit, kemudian Situ Cangkuang dan wisata budayanya Kampung Pulo.

"Seperti di Cangkuang sudah dikenal luas di nusantara bahkan sampai ke luar negeri Eropa, termasuk Jepang yang senang berwisata tradisi di Kampung Pulo," katanya.

Wisata lainnya yang terus dibenahi, kata Mamun, yaitu wisata desa di Desa Ciburial, Kecamatan Samarang.

Pihaknya telah menyiapkan brosur tentang profil desa wisata tersebut untuk dipromosikan ke luar daerah Garut.

"Desa Wisata Ciburial sudah siap dengan fasilitasnya, kita sedang mempromosikan besar-besaran," katanya.

Sejumlah wisata lainnya yang menjadi unggulan dan terus dikembangkan Pemerintah Kabupaten Garut diantaranya wisata air panas Cipanas Garut, Air Terjun Curug Orok, dan Karangparanje.

Selanjutnya wisata laut di Pantai Rancabuaya dan Pantai Santolo, kemudian wisata alam Gunung Papandayan, dan Talaga Bodas.

"Kita harap kedepannya ada kerjasama dengan semua pihak terkait seperti menggelar ivent untuk membawa wisatawan ke Kabupaten Garut," katanya. 

Pewarta: Feri Purnama

Editor : Sapto HP


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2015