Antarajabar.com - Kabupaten Kuningan, Jawa Barat, menyiapkan lokasi wisata sebagai bahan kunjungan atlet dan offisial kontingen yang bertanding pada Pekan Olahraga Nasional (PON) XIX/Jawa Barat Tahun 2016.
        
"Meskipun tidak menjadi daerah yang ditunjuk sebagai tuan rumah pertandingan, kami dari Pemerintah Kabupaten Kuningan siap turut serta dalam menyukseskan PON XIX nanti," kata Bupati Kuningan Utje Choiriyah Suganda di Kabupaten Kuningan, Kamis.
        
Utje menuturkan ihaknya siap menjadi daerah tujuan wisata bagi para atlet PON XIX/2016 yang bertanding di Cirebon dan Indramayu. Sebagai daerah yang lokasinya berdekatan dengan Cirebon dan Indramayu, objek wisata di Kuningan bisa menjadi pilihan bagi duta olahraga tersebut.
        
Terlebih, lanjut Utje, pemilihan objek wisata di Kuningan ini telah disampaikan langsung oleh Gubernur Jawa Barat hmad Heryawan.
        
"Dan memang saya dengar dari Pak Gubernur langsung," kata Utje.
        
Walaupun tidak merinci, ia menyebut sejumlah objek wisata yang bisa menjadi pilihan atlet dan official PON XIX nanti.
        
"Tentunya banyak untuk destinasinya Waduk Dharma, climbing ke gunung. Ada juga curug-curug (air terjun). Sudah disebarkan leaflet-leaflet," katanya.
        
Menurut dia terkait pelaksanaan PON XIX/2016 Jabar ini, di awal pihaknya telah mengajukan diri sebagai salah satu daerah yang menjadi lokasi pertandingan.
        
Saat itu, pihaknya mengajukan Waduk Dharma untuk cabang olahraga air seperti dayung dan ski air.
        
Akan tetapi, menurut Utje, kedalaman waduk tersebut tidak direkomendasikan untuk lokasi pertandingan sehingga pengajuannya tidak dikabulkan.
         
"Katanya kedalamannya terlalu dalam sehingga dikhawatirkan akan membahayakan bagi atlet," ujar dia.

Pewarta: Ajats

Editor : Irawan


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2015