Antarajabar.com - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Jawa Barat mengimbau warga untuk mewaspadai musim pancaroba yang berdampak hujan dan angin kencang.
        
"Memasuki musim pancaroba ini, angin agak besar maka harus diantisipasi. Dari musim kemarau ke musim hujan biasanya angin suka besar atau puting beliung, meski belum ada tapi harus diantisipasi," kata Kepala BPBD Provinsi Jawa Barat R Haryadi W, di Bandung, Kamis.
        
Ia menjelaskan, jelang musim pancaroba ini wilayah utara dan selatan Jawa Barat merupakan wilayah yang rawan bencana dibandingkan daerah lainnya.
        
"Contohnya Sukabumi, Tasikmalaya, Kabupaten Bandung Barat, Kabupaten Cianjur, Kabupaten Garut dan Kabupaten Pangandaran," kata dia.
        
Pihaknya berharap seluruh BPBD kabupaten/kota di Jawa Barat untuk siaga mewaspadai musim pancaroba ini walaupun masih ada enam daerah di Jawa Barat yang belum memiliki BPBD.
        
Keenam daerah itu Kabupaten Subang, Kota Bandung, Kabupaten Purwakarta, Kabupaten Cirebon, Cimahi dan Karawang dalam proses.
        
Pihaknya mengaku terus mendorong agar keenam kabupaten/kota tersebut segera memiliki BPBD sebagai bentuk antisipasi bencana alam.
        
"Kalau kemarin Pak Wagub mengimbau agar daerah yang belum punya (BPBD) untuk segera membentuk, kita tentunya terus mendorong mereka agar segera membentuk (BPBD)," kata dia.

Pewarta: Ajats

Editor : Irawan


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2015