Antarajabar.com  - Pemerintah Kota Cimahi, Jawa Barat, berharap para animator   membuat karya animasi yang memiliki karakter militer sebagai upaya menunjukan identitas khas daerah Cimahi kepada dunia.

"Kita  ajak  bagaimana potensi kota ini bisa jadi ide dari pada para animator," kata Wali Kota Cimahi Atty Suharti di Cimahi, Jumat.

Ia menuturkan, Kota Cimahi memiliki ciri khas daerah militer karena banyaknya markas dan komplek sebagai pusat pendidikan militer.

"Ya jadi identitas Cimahi adalah militer, tapi Cimahi bukan militer aja, potensi lain juga ada," katanya.

Ketua Cimahi Creative Association (CCA) Rudi Suteja menambahkan, pernah mendiskusikan untuk membuat karakter militer dalam animasi.

Namun karakter militer itu, kata dia, tidak sembarangan dibuat, ada aturan tertentu yang diberlakukan dalam institusi militer di Indonesia.

"Kita sebetulnya pernah membuat karakter militer, hanya waktu memang masih diskusi dengan pihak militer, karena tidak sembarangan juga," katanya.

Sedangkan pembuatan animasi karakter militer luar, kata Rudi, pihaknya sudah sering melakukannya.

"Kalau militernya orang lain lebih mudah, tapi militer disini ada aturannya," katanya.

Ia menambahkan, karya animator dari berbagai studio di Kota Cimahi sudah cukup dikenal di beberapa negara.

Sejumlah industri film dari luar negeri, kata dia, sudah cukup banyak bekerjasama dengan animator Cimahi dalam proses pembuatan animasinya.

"Kita disini service pekerjaan mengerjakan orang lain di kita, mereka (industri film) punya ide kita punya SDM," katanya. 

Pewarta:

Editor : Sapto HP


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2015