Antarajabar.com - Pemerintah Kota Cimahi, Jawa Barat, mendorong industri kreatif animasi untuk lebih dikenal oleh seluruh negara dengan menggelar berbagai kegiatan tingkat nasional maupun internasional.
        
"Potensi manusia di Kota Cimahi ini bisa termanfaatkan di bidang animasi, maka kita dorong untuk tersebar di seluruh dunia," kata Asisten Daerah II Bidang Ekonomi dan Pembangunan Pemerintah Kota Cimahi, Benny Bachtiar saat menggelar jumpa pers persiapan Baros International Animation Festival (BIAF) di Kota Cimahi, Senin.
        
Ia menuturkan, kegiatan melibatkan animator dari beberapa negara itu akan lebih mendorong industri kreatif di Cimahi untuk lebih dikenal oleh negara lain dan menguntungkan bagi animator Cimahi dan Indonesia.
        
Ia berharap, kegiatan yang mendapat dukungan dari Pemerintah Pusat melalui Direktur Jenderal Pengembangan Ekspor Nasional (PEN) Kemendag RI dapat menambah semangat para animator dalam negeri khususnya Cimahi untuk lebih berkarya.
        
"Kami optimistis ke depan dunia animasi Indonesia akan tumbuh semakin besar, dan Cimahi menjadi motor penggerak animasi dunia," katanya.
        
Ia menyampaikan, kegiatan BIAF merupakan agenda tahunan untuk saling belajar dan mengenalkan setiap karya animasi dari masing-masing daerah di Indonesia atau luar negeri.
        
Kegiatan yang pertama digelar tahun 2013, kata dia, berjalan sukses dengan jumlah pengunjung enam ribuan orang, animator dari delapan negara, 48 partisipan, 25 studio animasi, lima perguruan tinggi, serta 18 studio games dan komik Indonesia.
        
"Setiap tahunnya terus meningkat, seperti saat ini ada 15 negara yang akan hadir dalam acara BIAF," katanya.
        
Ia berharap, kegiatan BIAF ketiga dapat memberikan dampak untuk mendorong pelaku usaha lainnya.
        
"Dengan kegiatan BIAF dan menghadirkan animator dunia ini yakin bisa berdampak positif bagi perkembangan pembangunan dan perekonomian di Cimahi," katanya.

Pewarta: Feri P

Editor : Irawan


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2015