Penjabat Wali Kota Bandung, A. Koswara mengajak para pemuda untuk turut berperan aktif dalam membawa perubahan positif dengan berinovasi dan berkontribusi dalam pembangunan nasional.

"Semangat persatuan yang diusung oleh para pemuda pada tahun 1928 menjadi dasar bagi kita untuk terus melangkah maju dan menghadapi tantangan masa kini. Pemuda harus menjadi motor penggerak dalam menciptakan perubahan dan kemajuan," kata Koswara saat menghadiri upacara Hari Sumpah Pemuda di Plaza Balai Kota, Bandung, Senin.

Baca juga: Realisasi nilai investasi di Kota Bandung pada 2024 melampaui target

Mengusung tema Maju Bersama Indonesia Raya, peringatan Hari Sumpah Pemuda tahun ini menjadi ajang untuk meneguhkan kembali semangat pemuda dalam membangun bangsa.

Dalam amanatnya, Koswara mengingatkan pentingnya nilai-nilai Sumpah Pemuda yang dicetuskan pada 28 Oktober 1928 sebagai landasan kebangsaan.

“Dengan semangat Maju Bersama Indonesia Raya, upacara peringatan ini menjadi ajakan bagi seluruh masyarakat untuk tetap menjaga persatuan dan memberikan perhatian lebih besar pada pengembangan kepemudaan,” katanya.

Dia mengungkapkan pada peringatan Sumpah Pemuda kali ini bertepatan dengan masa transisi pemerintahan yang baru, yang akan menentukan arah pembangunan menuju Indonesia Emas 2045.

Oleh karena itu, Koswara mengajak para pemuda untuk memanfaatkan momentum ini sebagai kesempatan memperkuat peran mereka dalam berbagai sektor.

"Pemuda bukan hanya objek pembangunan, tetapi juga harus menjadi subjek yang aktif dalam mewujudkan tujuan nasional," kata dia.



Di Kota Bandung, kata Koswara, telah terbentuk program pengembangan pemuda yang bernama Cempor (Camp Enterpreneur Dispora)untuk meningkatkan kewirausahaan dan ekonomi di kalangan pemuda.

“Lewat program ini, para pemuda dapat mengembangkan kemampuan dan berkontribusi lebih signifikan dalam perekonomian masyarakat,”

Lebih lanjut, Koswara berharap upaya kolaboratif tersebut dapat menciptakan ekosistem yang mendukung pertumbuhan pemuda yang inovatif, berdaya saing, serta berkarakter kebangsaan.

"Mari kita bersama-sama menciptakan kesempatan yang lebih luas bagi pemuda untuk berperan serta dalam pembangunan Indonesia sesuai dengan minat dan kemampuan mereka," katanya.

Baca juga: Cegah banjir di Kawasan Bandung Utara, Pemkot gencarkan Program Mapag Hujan

Pewarta: Rubby Jovan Primananda

Editor : Yuniardi Ferdinan


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2024