Jagoan Hosting membagikan hosting gratis pada 100 mahasiswa di Bandung guna mendukung berbagai upaya untuk melakukan digitalisasi di bidang pendidikan sesuai arahan pemerintah pusat, agar peserta didik khususnya mahasiswa siap menghadapi tantangan di dunia industri.

"Hal ini merupakan bentuk komitmen kami untuk digitalisasi sekolah. Kami mendukung penuh infrastruktur hosting bagi mahasiswa sebagai sarana belajar. Sekaligus, memberikan pemahaman bagi mahasiswa untuk membentuk pondasi digital yang kuat dalam membangun website pribadi, portofolio, dan proyek-proyek digital mereka," kata General Manager Jagoan Hosting Andy Novianto dalam kegiatan Roadshow idFest 2024 bersama Pengelola Nama Domain Internet Indonesia (PANDI) di Bandung, Kamis.

Selain membagikan hosting gratis, Jagoan Hosting juga memberikan edukasi terhadap mahasiswa mengenai pentingnya pembuatan website, dengan menggunakan unsur domain dan hosting, karena website tersebut sebagai portofolio serta sebagai alat komunikasi sekaligus sarana untuk menjalin koneksi dengan dunia industri yang lebih luas.

"Mahasiswa diajarkan tentang pembuatan website. Mulai dari dari memilih layanan, mengelola hosting hingga mengatur konten website," kata dia.

Dalam sesi ini, mahasiswa juga diajarkan hal-hal penting yang perlu diperhatikan, seperti pemilihan platform yang sesuai, keamanan situs, dan optimalisasi SEO untuk mesin pencari.

"Memiliki website tidak hanya meningkatkan personal branding, tetapi juga memberikan ruang bagi mahasiswa untuk menampilkan karya, proyek, dan keterampilan mereka secara profesional," papar dia.
 
Sementara itu, Ketua PANDI John Sihar Simanjuntak menambahkan kegiatan ini dilakukan untuk memberikan literasi dan awareness penggunaan domain.id serta kegiatan idFEST 2024. Selain itu, PANDI juga memberikan domain gratis pada kegiatan ini.

"Pentingnya memahami penggunaan domain sangat diperlukan untuk menjawab tantangan di era digital agar lebih dinamis dan menyesuaikan perkembangan teknologi. Oleh karenanya kegiatan terkait domain .id sangat dibutuhkan dalam mewujudkan Indonesia cakap digital," ujar dia.

Memiliki domain.id, kata dia, menjadi semakin penting di era digital, terutama bagi mahasiswa yang ingin membangun identitas online yang profesional. Domain .id tidak hanya memberikan kesan lokal yang kuat, tetapi juga mencerminkan kebanggaan terhadap identitas bangsa.

Mahasiswa dapat memanfaatkan domain ini untuk membuat website pribadi atau portofolio yang menampilkan keterampilan, proyek, dan pencapaian akademis mereka.

"Dengan menggunakan domain .id, mahasiswa tidak hanya membangun kehadiran online yang unik, tetapi juga meningkatkan kredibilitas di mata calon pemberi kerja atau mitra bisnis," ujarnya menambahkan.

Pewarta: RYP

Editor : Ricky Prayoga


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2024