Kepolisian Daerah (Polda) Jawa Barat telah menyusun berbagai langkah strategis guna memastikan pemilihan kepada daerah (Pilkada) 2024 di wilayah itu berjalan aman, damai, dan tertib.

“Saat ini Polda Jabar telah mempersiapkan berbagai langkah strategis untuk memastikan kelancaran Pilkada, termasuk mengerahkan ribuan personel dan membangun sinergi dengan berbagai pihak, seperti TNI, Satpol PP, dan penyelenggara Pilkada,” kata Kabid Humas Polda Jawa Barat Kombes Pol. Jules Abraham Abast di Bandung, Senin.

Baca juga: Polda Jabar ringkus 2 pelaku sindikat judi online asal Kamboja

Jules mengungkapkan Polda Jabar juga mengintensifkan patroli siber untuk mencegah penyebaran hoaks dan ujaran kebencian yang dapat memicu konflik selama masa kampanye dan pemilihan.

Dia mengingatkan masyarakat agar tidak mudah terprovokasi oleh informasi yang tidak dapat dipertanggungjawabkan.

“Masyarakat diimbau untuk tidak mudah terprovokasi oleh isu-isu yang dapat memecah belah, serta untuk selalu melaporkan jika menemukan pelanggaran selama proses pilkada,” kata dia.

Dalam menjaga integritas proses demokrasi, kata dia, Polda Jabar juga bekerja sama dengan kpu dan bawaslu untuk memastikan setiap tahapan pilkada berjalan sesuai dengan aturan yang berlaku, bebas dari kecurangan dan pelanggaran hukum.

“Kami sudah siap dalam hal pengamanan, dan kami juga sudah berkoordinasi dengan berbagai lembaga terkait untuk memastikan kelancaran proses demokrasi ini,” katanya.


Lebih lanjut, Jules mengungkapkan sebagai provinsi dengan jumlah pemilih terbesar di Indonesia, pilkada di Jabar menjadi perhatian nasional.

Oleh karena itu, Polda Jabar telah mengusung tema ‘Beda Pilihan Tetap Bersaudara’ sebagai pesan utama dalam menjaga persatuan masyarakat, meskipun perbedaan dalam pilihan politik adalah hal yang wajar dalam demokrasi.

“Seperti yang kita ketahui pilkada adalah sarana demokratis untuk menentukan pemimpin daerah, namun perbedaan pilihan tidak boleh memecah persatuan bangsa. Penting bagi seluruh lapisan masyarakat untuk tetap menjaga kedamaian dan persaudaraan,” kata dia.

Jules berharap dengan persiapan yang matang dan koordinasi yang baik, Pilkada 2024 di Jawa Barat dapat berlangsung dengan lancar dan menghasilkan pemimpin yang amanah bagi masyarakat.

Baca juga: Polda Jabar tangkap 3 pencuri besi rel kereta api di Bandung Barat

Pewarta: Rubby Jovan Primananda

Editor : Yuniardi Ferdinan


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2024