Antarajabar.com - Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora)  Imam Nahrawi dan Gubernur Jawa Barat Ahmad Heriyawan membuka Pekan Olahraga Pelajar Nasional (Popnas) XIII/2015 Jabar di Stadion Siliwangi Kota Bandung, Kamis.

Popnas XIII/2015  mempertandingkan 20 cabang olahraga yakni angkat besi, atletik, bola basket, bola voli indoor, bola voli pasir, bulutangkis,  dayung, gulat, judo, karate, panahan, pencaksilat, renang, senam, sepakbola, sepaktakraw, taekwondo, tenis lapang, tenis meja dan tinju serta satu cabor eksibisi yakni tarung derajat.

Perhelatan yang diselenggarakan pada tanggal 9-18 September 2015, dan mempertandingkan 20 cabang olah raga dengan 274 nomor pertandingan. Jumlah medali yang diperebutkan adalah 274 emas, 274 perak, dan 397 perunggu.

Ajang olahraga pelajar itu  diikuti 34 kontingen dari seluruh provinsi di Indonesia dengan Jumlah peserta 5300 orang yang terdiri dari 4441 atlet, 538 pelatih, dan 321 ofisial.

Prosesi pembukaan yang digelar di stadion milik Kodam III/Siliwangi itu mengusung tema Gempita Remaja Nusantara di Negeri Parahyang. Acara pembukaan dimeriahkan aksi seni budaya  800 pelajar di kota Bandung dengan menampilkan tari-tarian harmoni seni budaya nusantara yang menyatu di Stadion Siliwangi. Sedang janji atlet dan wasit diucapkan oleh perwakilan atlet Paksi Ghifari dan wasit Hari Winoto.

Selain  Menpora dan Gubernur Jawa Barat, pembukaan Popnas itu  dihadiri oleh Ketua Umum KONI Pusat Tono Suratman, Ketua DPRD Jawa Barat Ineu Purwadewi , Ketua Bapopsi Djoko Irianto.

Menpora Imam Nahrawi dalam sambutanya mengajak seluruh insan olahraga Indonesia untuk membina prestasi termasuk melalui ajang Popnas XIII/2015.

"Melalui  Popnas XIII/2015 saya berharap menginspirasi insan olahraga dan umumnya masyarakat Indonesia untuk bersama-sama bangkit untuk menyongsong prestasi olahraga Indonesia di masa akan datang yang lebih baik demi harkat dan martabat Republik Indonesia," kata Menpora.

Sementara itu Gubernur Jabar Ahmad Heriyawan memberikan semangat atlet junior ini khususnya para atlet Jabar untuk berprestasi di kancah nasional dan internasional.

"Kita berharap dari Popnas kali ini hadir atlet-atlet handal, atlet-atlet  yang berprestasi nasional dan mengharumkan bangsa dan negara Indonesia," katanya

Gubernur Jabar itu  mengucapkan selamat datang bagi  seluruh kontingen dari seluruh Indonesia untuk dapat memberikan prestasi yang terbaik dalam Popnas tahun ini.

Ketua Umum Pengurus Besar (PB) Popnas XIII/2015 Ahmad Hadadi mengatakan, even ini menjadi ajang untuk mengevaluasi hasil pembinaan dan prestasi dikalangan atlet pelajar tingkat nasional, sehingga bisa melahirkan atlet berprestasi.

Sementara itu  emas pertama Popnas  diprediksi akan hadir di cabang olahraga atletik di nomor jarak 5000 meter putra pada Jumat pagi (11/9) di Lapangan atletik Padjajaran.

Pewarta: Bagas

Editor : Syarif Abdullah


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2015