Antarajabar.com - Pemerintah Kota Cimahi, Jawa Barat, segera mendapatkan kucuran dana pinjaman sebesar Rp150 miliar dari Kementerian Keuangan untuk membangun Pasar Atas Baru yang sebelumnya terbakar September 2014.

"Sebenarnya kita minta bantuannya banyak, mungkin dananya dibagi-bagi ke daerah lain, jadi kita hanya bisa kebagian Rp150 miliar," kata Wali Kota Cimahi Atty Suharti kepada wartawan di Cimahi, Kamis.

Ia menuturkan, Pemerintah Kota Cimahi sudah lama mengajukan bantuan pinjaman dana kepada Kementerian Keuangan untuk pembangunan pasar tradisional tersebut.

Namun usulan pinjaman itu, kata dia, tidak mudah, ada banyak syarat yang harus dipenuhi oleh pemerintah daerah yang mengusulkan pinjaman dana.

"Tidak gampang karena harus melihat kemampuan daerahnya dalam membayar pinjaman, kita juga sudah dinilai apakah mampu atau tidak," katanya.

Atty mengaku sering mendapat keluhan dari pedagang Pasar Atas yang mengharapkan Pasar Atas Baru segera dibangun agar dapat berjualan dengan nyaman.

"Untuk itu bantuan pinjaman dari pusat ini kesempatan kita agar pedagang memiliki bangunan baru," katanya.

Kepala Dinas Koperasi Perindustrian Perdagangan dan Pertanian Kota Cimahi Huzen Rachmadi menambahkan, rencana pembangunan Pasar Atas itu sebagai upaya pemerintah untuk meningkatkan kembali perekonomian di Kota Cimahi.

Rencananya, lanjut dia, akan digabungkan dengan fungsi lainnya seperti ruang terbuka hijau, kuliner, dan terminal.

"Diharapkan menjadi pasar tradisional yang sehat dan nyaman," katanya.

Pewarta: Feri P

Editor : Irawan


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2015