Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) memberikan izin penggunaan Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA) untuk menggelar pertandingan antara Persib Bandung melawan Persebaya Surabaya pada Jumat (18/10), setelah sempat mengalami perbaikan sejak Februari 2024.

“Secara prinsip kami mengizinkan untuk digunakan karena sebenarnya masih dalam konstruksi kami,” kata Kepala Balai Prasarana Permukiman Wilayah Jabar Ditjen Cipta Karya Kementerian PUPR Oscar Siagian di Bandung, Kamis.

Oscar mengungkapkan, meski diizinkan, pihaknya melarang kehadiran penonton di stadion karena tahap renovasi dari Kementerian PUPR masih berlangsung hingga akhir 2024.

“Kami izinkan untuk bisa digunakan tapi tanpa kehadiran penonton dan Desember ini kita targetkan selesaikan pengerjaan,” kata dia.

Dia menjelaskan bahwa kondisi lapangan belum sepenuhnya selesai dan masih membutuhkan waktu pengerjaan hingga akhir Oktober ini. Sehingga jika digunakan dalam waktu dekat, perbaikan tambahan mungkin diperlukan setelah pertandingan.

“Standarnya sih harusnya perbaikan ini enam bulan. Jadi kalau mau digunakan saat ini tapi nanti pasti akan ada lagi yang rumput kita sulam,” kata Oscar.

Lebih lanjut ia mengungkapkan salah satu fokus utama dari renovasi ini adalah perbaikan rumput dan pencahayaan di dalam stadion.


Dia menambahkan beberapa perbaikan juga dilakukan pada kursi di tribun penonton dan renovasi ini diharapkan dapat meningkatkan kualitas dan kenyamanan agar dapat digunakan secara aman bagi suporter Persib Bandung.

“Jadi rumputnya sama kemudian pencahayaan. Sedangkan yang lain-lain kita renovasi seperti ada beberapa kursi yang sudah kita perbaiki,” katanya.

Sebelumnya, Persib Bandung memindahkan markas mereka ke Stadion Si Jalak Harupat, Kabupaten Bandung sejak Februari 2024 karena GBLA masuk ke dalam stadion yang direnovasi oleh Kementerian PUPR.


 

Pewarta: Rubby Jovan Primananda

Editor : Zaenal A.


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2024