Penjabat Bupati Garut Barnas Adjidin menyatakan Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kabupaten Garut, Jawa Barat, merupakan dinas yang memiliki peran penting untuk menyebarkan informasi dan mengedukasi publik, sehingga dapat membangun daerah Garut yang lebih baik.

"Diskominfo ini adalah dinas vital yang nanti akan mampu menyampaikan mulai dari bagaimana mengidentifikasi data, bagaimana mengolah, bagaimana menginformasikan, sampai juga dengan mendokumentasikan terhadap hal-hal yang harus dilakukan di Kabupaten Garut ini," kata Barnas saat menggelar apel di Kantor Diskominfo Kabupaten Garut, Selasa.

Ia menuturkan, Diskominfo Garut harus unggul di semua aspek, termasuk aspek komunikasi dan informatika untuk memberikan pelayanan maksimal dalam menyajikan informasi terkait program-program pemerintah.

Diskominfo Garut, kata dia, dapat menyebarkan informasi yang lebih banyak dan edukatif kepada masyarakat, misalnya informasi tentang ajakan atau peringatan kepada masyarakat untuk tidak membuang sampah sembarangan dan berperilaku baik.

"Misalnya membuang sampah jangan sembarangan, kemudian berperilaku juga lebih baik, kemudian mendukung program-program pemerintah, lalu kemudian bagaimana kecintaan kepada daerah yaitu Kabupaten Garut," katanya.

Ia menambahkan gerakan edukasi lainnya melalui Diskominfo Garut itu menyampaikan informasi untuk menciptakan kondisi yang aman, tertib, dan nyaman, termasuk mengingatkan masyarakat untuk tertib saat berkendara di jalan, tidak menggunakan knalpot bising, menghindari prostitusi dan sebagainya.

Peran penting Diskominfo itu, kata dia, tentunya harus ada perhatian pemerintah dengan tersedianya sumber daya manusia yang cukup, kemudian peralatan yang memadai untuk menyelaraskan dengan perkembangan zaman.
"Sumber daya manusianya perlu dipenuhi sehubungan dengan perkembangan zaman, demikian juga peralatan-peralatan yang bisa mendukung komunikasi informasi ini harus disesuaikan dengan perkembangan zaman juga, oleh karena itu di tahun 2025 harus dipikirkan," katanya.

Kepala Diskominfo Kabupaten Garut Margiyanto menambahkan, kehadiran Pj Bupati Garut untuk memberikan arahan disiplin pegawai dan peningkatan kinerja di jajaran Diskominfo Garut dalam pelayanan publik, termasuk pengembangan penyelenggaraan Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE).

"Bagaimana kewajiban kita untuk menguatkan Garut Satu Data, terutama dalam hubungannya dengan peningkatan kualitas data yang akan disampaikan kepada masyarakat," katanya.


 

Pewarta: Feri Purnama

Editor : Zaenal A.


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2024