Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bandung, Jawa Barat menerima bantuan satu unit mobil dapur umum lapangan dari Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) guna meningkatkan kesiapan dalam menghadapi situasi darurat terutama saat terjadi bencana alam.

Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bandung Uka Suska Puji Utama mengungkapkan mobil dapur umum lapangan tersebut dilengkapi dengan peralatan lengkap untuk memasak dan menyajikan makanan dalam skala besar yang dapat dimobilisasi ke berbagai lokasi terdampak bencana.

"Dengan adanya mobil dapur lapangan ini tentunya nanti akan digunakan oleh Pemkab Bandung dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat dalam upaya penanganan atau pemulihan kebencanaan di Kabupaten Bandung," ujarnya, Senin.

Uka menyampaikan terima kasih kepada BNPB atas bantuan yang diberikan dan menekankan pentingnya keberadaan fasilitas seperti ini dalam tanggap darurat.

“Bantuan ini sebagai bentuk komitmen pemerintah pusat dalam meningkatkan pelayanan kepada masyarakat, khususnya pascabencana,” kata dia.

Menurut dia, bantuan dari BNPB merupakan bagian dari upaya pemerintah pusat dalam meningkatkan kapasitas daerah dalam penanganan bencana.

Ia mengatakan keberadaan mobil dapur umum lapangan ini sangat relevan dengan kondisi wilayah atau daerah yang rawan dilanda bencana alam gempa bumi, banjir, angin kencang, maupun longsor.


"Tentunya dengan kepemilikan mobil dapur umum lapangan ini menjadi salah satu aset Pemkab Bandung yang bisa digunakan untuk kepentingan masyarakat," katanya.

Dengan adanya tambahan fasilitas mobil dapur umum, BPBD berharap mampu mempercepat distribusi bantuan kepada warga yang terdampak bencana, sehingga kebutuhan dasar seperti makanan dapat segera terpenuhi di lapangan.

"Saat status tanggap darurat diberlakukan pemerintah, mobil dapur umum lapangan ini bisa dimanfaatkan pemerintah untuk memberikan pelayanan kepada masyarakat khususnya dalam penyediaan logistik persediaan makanan atau kebutuhan pangan lainnya,” katanya.
 



Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Pemkab Bandung terima bantuan mobil dapur umum lapangan dari BNPB

Pewarta: Rubby Jovan Primananda

Editor : Zaenal A.


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2024