Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kota Cimahi mempercepat perekaman dan pencetakan kartu tanda penduduk elektronik (KTP-el) agar masyarakat dapat menggunakan hak pilihnya pada Pilkada 2024.

Kepala Bidang Pendataan dan Pendaftaran Penduduk pada Disdukcapil Kota Cimahi Chaeruddin Djoeharie mengatakan, pihaknya menargetkan 2.300 jiwa pemilih pemula untuk membuat KTP-el menjelang pilkada.

"Akhir pekan kita tidak libur, tetap membuka pelayanan. Kita jemput bola, misalnya kita pusatkan di kelurahan nanti warganya datang untuk perekaman. Kita juga datang langsung ke sekolah," kata Chaeruddin di Cimahi, Jumat.

Chaeruddin menjelaskan, untuk mencapai target tersebut, pihaknya tengah melakukan secara masif layanan jemput bola perekaman KTP-el di seluruh kantor kelurahan di Kota Cimahi.

“Selain jemput bola perekaman KTP-el, kami juga menyediakan layanan di Mal Pelayanan Publik (MPP) dan di setiap kantor kecamatan di Kota Cimahi,” kata dia.

Ia mengatakan bahwa untuk mempercepat perekaman KTP-el bagi pemilih pemula dilakukan setiap hari kerja dan bahkan pada hari libur pun membuka layanan perekaman.

"Kita juga nanti akan buka pelayanan di hari libur atau Sabtu dan Minggu untuk mempercepat pelayanan perekaman," katanya.


Dia berharap, dengan adanya layanan jemput bola perekaman KTP-el ini, pemilih pemula bisa menyalurkan hak pilihnya di Pilkada 2024. Apalagi partisipasi dari pemilih pemula sangat dibutuhkan di pesta demokrasi lima tahunan itu.

"Pemula ini adalah warga yang baru berumur 17 tahun, sehingga dengan terdaftar biodata, kami berikan haknya berupa KTP-el. Maka pada saat pilkada bisa menyalurkan hak pilihnya," kata dia.


 

Pewarta: Rubby Jovan Primananda

Editor : Zaenal A.


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2024