Pelaku wisata Kabupaten Bogor mengharapkan program-program mantan Bupati Bogor Ade Yasin dilanjutkan calon bupati nomor urut 1 Rudy Susmanto ketika menang dalam Pilkada Kabupaten Bogor, Jawa Barat.

"Kondisi pariwisata Kabupaten Bogor di era kepemimpinan Ade Yasin sangat progresif, mulai dari sebelum pandemi, hingga era pemulihan pasca-pandemi COVID-19," kata Ketua Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Kabupaten Bogor Junaedi di Cibinong, Rabu.

Pria yang akrab disapa Juju itu menilai pariwisata daerah pada saat itu pada kondisi perkasa dengan slogan yang digaungkan Ade Yasin, yakni Bogor Sport and Tourism.

Berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS), angka kunjungan wisatawan di Kabupaten Bogor meningkat drastis ketika satu tahun Ade Yasin memimpin dari 7,5 juta wisatawan di tahun 2018 menjadi 9,4 juta wisatawan di tahun 2019.

Namun, akibat pandemi COVID-19, angka kunjungan wisatawan Kabupaten Bogor anjlok di tahun 2020 menjadi 4,4 juta wisatawan, dan kembali bangkit di tahun berikutnya menjadi 6,08 juta wisatawan.

Juju berharap, upaya peningkatan kunjungan wisata ini dilanjutkan oleh Rudy Susmanto.

Karena, kata dia, Rudy Susmanto memiliki bekal yang cukup lantaran pernah menjabat Ketua DPRD Kabupaten Bogor di saat Ade Yasin menjabat sebagai Bupati Bogor.

"Sekarang tinggal dilanjutkan yang sudah ada, terutama membangun infrastruktur-infrastruktur penunjang pariwisata," kata Juju.

 

Pewarta: M Fikri Setiawan

Editor : Zaenal A.


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2024