Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Bandung, Jawa Barat mulai menerima logistik perdana berupa bilik suara untuk pemilihan kepala daerah (Pilkada) 2024 di daerah itu.

Kepala Bagian (Kabag) Keuangan, Umum dan Logistik KPU Kabupaten Bandung, Dheny Irawan mengatakan untuk logistik tahap pertama pihaknya baru menerima sebanyak 19.920 dari jumlah total 23.436 bilik suara.

Baca juga: KPU menetapkan nomor urut pasangan calon bupati-wakil bupati Bandung

“Sampai dengan tanggal 30 September hari ini, sudah sampai sebanyak 19.920 bilik suara. Jadi kekurangannya 3.516 buah lagi,” kata Dheny di Kabupaten Bandung, Senin.

Dheny mengungkapkan untuk logistik tahap 1 yang terdiri dari kotak suara, tinta, cable ties (kabel pengikat plastik), segel dan kekurangan dari bilik suara akan dikirimkan secara bertahap ke gudang penyimpanan KPU.

“Untuk logistik tahap 1, targetnya di Kabupaten Bandung maksimal tanggal 7 Oktober 2024 sudah diterima di gudang penyimpanan KPU,” kata dia.

Bilik suara yang telah sampai di gudang KPU itu, tambah dia, akan disimpan di gudang yang dijaga ketat petugas kepolisian dengan pengamanan kamera pemantau 24 jam.

“Sama seperti Pemilu kemarin, gudang kami memiliki CCTV yang langsung terhubung dengan KPU RI,” katanya.

Menurutnya, gudang untuk menyimpan beragam logistik itu sangat penting, terutama dalam penyimpanan kotak suara dan surat suara.

Maka dari itu, dari sisi penjagaan pihaknya akan berkoordinasi dengan TNI-Polri untuk membantu meningkatkan keamanan dalam mengurangi risiko dari potensi gangguan keamanan

“Tapi kalau untuk keamanan kami sudah berkoordinasi dengan pihak TNI dan Polri karena TNI Polri karena yang dijaga itu barang milik negara maka pengamanannya juga pasti akan diperhitungkan,” kata dia.


Dirinya memastikan gudang yang telah dipilih oleh KPU sebagai tempat penyimpanan logistik selama Pilkada 2024 nanti sudah memiliki kajian serta aman untuk digunakan.

Adapun KPU Kabupaten Bandung telah menetapkan dua lokasi gudang penyimpanan yaitu di Jalan Raya Kopo No 611 dan Jalan Raya Kopo No 189.

“Kami telah melakukan pengecekan dan memastikan dua gudang tersebut aman untuk penyimpanan logistik Pilkada 2024,” kata Dheny.

Baca juga: KPU pastikan Pilkada Kabupaten Bandung diikuti 2 bakal paslon

Pewarta: Rubby Jovan Primananda

Editor : Yuniardi Ferdinan


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2024