Antarajabar.com - Kabupaten Bandung  menjadi juara umum pada  Kejuaraan Daerah (Kejurda) Karate Championship 2015 di GOR KONI, Kabupaten Bandung.

Kabupaten Bandung, meraih 20 emas, 10 perak, dan 31 perunggu. Sedangkan di rangking kedua, diduduki Kota Bekasi dengan 10 emas, 5 perak dan 11 perunggu.

Disusul Kota Bandung di peringkat ketiga yang berhasil mengumpulkan 9 emas, 12 perak dan 18 perunggu. Kota Depok menjadi kuda hitam yang berhasil merangkak ke posisi empat besar, setelah mengoleksi 5 emas, 4 perak dan 3 perunggu, mengungguli kota Bogor yang berada di peringkat kelima, yang hanya meraup 3 emas, 5 perak dan 6 perunggu.

Hasil ini disambut positif M Budiana, Ketua I Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Jawa Barat, yang akan segera memanfaatkan potensi prestasi yang dimiliki Kabupaten Bandung ini.

"Akan kita laporkan ke bidang II (bidang pembinaan dan prestasi)  KONI Jabar, supaya potensi prestasi ini bisa tetap dijaga dan ditingkatkan," kata Budiana.

Sesuai arahan Kementeria Pemuda dan Olahraga  masing-masing daerah di Indonesia harus mempunyai cabor unggulan, agar memudahkan mencari bibit-bibit atlet potensial yang disiapkan untuk kejuaraan tingkat internasional.

"Jadi pembinaannya tersentralisasi. Jabar selain renang. Juga mempunyai potensi kuat dari cabang olahraga beladiri. Salah satunya karate yang kini terus berkembang," katanya.

Bahkan karate Kabupaten Bandung disebutkan Budiana sempat didaulat sebagai daerah pembinaan dan prestasi nomor satu di Indonesia.
 
"Penghargaan itu kalau tidak salah diraih di tahun 2010." ucap pria yang juga menjabat sebagai Ketua umum (Ketum) Federasi Olahraga Karate Indonesia (FORKI) Kabupaten Bandung itu.

Senada dengan Ketum FORKI Jawa Barat Gianto Hartono yang mengatakan, pembinaan dan prestasi karate Kabupaten Bandung, memang terus berkembang setelah meraih juara umum di Pekan Olahraga Daerah (Porda) 2010.

Pewarta:

Editor : Syarif Abdullah


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2015