Antarajabar.com - Instalasi "Dalang" atau "Daur Ulang" Bersih akan disosialisasikan dan menjadi persembahan kegiatan BUMN Hadir untuk Negeri di kawasan Telkom University (Tel-U) Dayeuhkolot Kabupaten Bandung.

"Dalang atau daur ulang bersih itu merupakan instalasi atau mesin yang bisa mengolah sampah unorganik menjadi pupuk," kata Ketua Panitia BUMN Hadir untuk Negeri di Jabar Apriyadi di Bandung, Kamis.

Menurut dia, Dalang Bersih akan menjadi salah satu persembahkan dan disosialisasikan kepada masyarakat yang diharapkan bisa menjadi solusi bagi mereka khususnya dalam menangani sampah di lingkungan masing-masing.

Perangkat berupa insenerator yang akan mengolah sampah yang sebelumnya sulit diolah kini justeru menjadi pupuk yang bermanfaat bagi tanaman.

"Rencananya akan disosialisasikan di kawasan Kampus Tel-U kepada masyarakat di kawasan itu, selanjutnya bisa dikembangkan dan menjadi solusi bagi lingkungan," katanya.

Instalasi itu, kata dia merupakan hasil pengembangan yang berdasarkan kebutuhan masyarakat khususnya bagi masyarakat perkotaan dalam mengatasi masalah persampahan.

"Tak hanya itu, selama sehari pada Minggu (16/8) tim akan melakukan edukasi kepada masyarakat dan melakukan sharing dengan mereka. Sehingga diharapkan bisa mendapatkan respon positif dari masyarakat," katanya.

Ia menyebutkan, sosialisasi Dalang Bersih itu merupakan bagian dari kegiatan BUMN Hadir untuk Negeri di Jawa Barat. Selain itu sinergitas seluruh perusahaan BUMN yang ada di Jabar itu menggelar kegiatan lainnya seperti bedah rumah veteran dimana di Jabar terdapat 45  rumah veteran yang menjadi target renovasi.

"Khusus untuk mendukung kemampuan dan alat pendukung praktik bagi pelajar dalam pengembangan IT, kami juga memberikan bantuan bagi sejumlah SMK di Jawa Barat, khususnya untuk laboratoriun praktik siswa," kata Apriyadi menambahkan.***3***

Pewarta:

Editor : Syarif Abdullah


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2015