Penjabat Gubernur Jawa Barat Bey Triadi Machmudin menegaskan bahwa pencapaian tiga kali berturut-turut (Hattrick) juara PON dengan raihan di Aceh-Sumut, harus menjadi bekal bagi KONI juga para atlet di daerahnya termotivasi untuk berprestasi pada level internasional.

"Prestasi ini, jangan membuat KONI dan para atlet berpuas diri. Justru, harus terus termotivasi meningkatkan prestasi ke level internasional," kata Bey saat penyambutan kontingen Jabar pada PON XXI Aceh-Sumut 2024 di Gedung Sate Bandung, Kamis.

Bey mengaku sudah menyampaikan kepada ketua KONI, bahwa setelah menjadi juara umum di PON XXI Aceh-Sumut, harus sudah fokus pada pertandingan atau kejuaraan berikutnya.

"Kalau memang ada cabang-cabang kita yang potensi untuk berprestasi di tingkat internasional, kita dukung dan semoga itu pada saatnya nanti pada olimpiade, kita bisa mengirimkan atlet lebih banyak lagi dan tentunya tidak hanya berpartisipasi, tapi harus berprestasi," ujar Bey.

Bey menilai, dengan juara PON tiga kali, harus menjadi bekal untuk KONI dan para atlet bersaing di olahraga level internasional, mengingat Jabar memiliki modal untuk bisa berbicara di tingkat yang lebih jauh seperti Asia Tenggara, Asia, dan juga Olimpiade.

Atas prestasi para atlet peraih medali di PON XXI, Pemerintah Provinsi Jabar memberikan bonus Rp300 juta untuk peraih medali emas, Rp125 juta untuk peraih perak, dan Rp60 juta untuk peraih perunggu.

"Itu untuk perorangan ya. Tapi nanti yang beregu ada hitungannya, di bawah lima atau enam orang turun jumlahnya, tapi kalau enggak salah Rp200 juta, tapi nanti detailnya dari Kadis. Kemudian nanti yang lebih dari enam orang turun lagi, menjadi Rp100 juta per orangnya," katanya.
Bey mengatakan, Jabar Hatrick PON ini juga merupakan hasil perjuangan para atlet, pelatih, KONI, dan jajaran pengurus cabang olahraga.

"Dan juga Pak Kapolda sebagai komandan kontingen. Jadi, ini adalah bentuk kebersamaan kita dan tentunya kami berharap bahwa prestasi ini juga menular ke cabang-cabang lain, kita upayakan secara bersama-sama agar kita menjadi lebih baik lagi," katanya menambahkan.



Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Hattrick juara PON harus jadi bekal KONI berprestasi internasional

Pewarta: Ricky Prayoga

Editor : Zaenal A.


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2024