Antarajabar.com  - Wakil Gubernur Jawa Barat mengajak seluruh kabupaten/kota di propinsi itu  terus menggelar shalat istisqo sebagai upaya meminta hujan kepada Allah SWT.

"Istisqo terus saja, enggak ada masalah. Terus saja karena namanya juga usaha. Kita enggak tahu kapan Allah akan mengabulkan. Shalat Istisqo ini juga kan nabi menyontohkan. Insya Allah dibimbing oleh Allah SWT," kata Deddy Mizwar, di Gedung Sate Bandung, Selasa.

Ia menuturkan Shalat Istisqo adalah salah satu upaya manusia dalam meminta hujan yang cukup andal karena usai dirinya dan Gubernur Jabar beserta ratusan PNS Pemprov Jabar menggelar shalat tersebut beberapa hari kemudian wilayah Bandung Raya diguyur hujan.

"Alhamdulilah, kemarin kita Istisqo di halaman Gedung Sate terus hujan," kata dia.

Menurut dia, saat ini kekeringan di Provinsi Jawa Barat semakin meluas sehingga pihaknya melalui BPBD Provinsi Jawa Barat telah menyiapkan langkah-langkah strategis untuk mengantisipasi kekeringan di musim panas 2015 ini.

"Kekeringan terus meluas, walaupun saya dengar ada turun hujan turun tapi tidak besar," kata dia.

Sementara itu, Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Jawa Barat Warsajaya mengatakan sekitar 60 persen wilayah Jawa Barat kini kekeringan sehubungan dengan musim kemarau 2015.

"Namun, kekeringan ini tidak melanda semua wilayah di daerah-daerah tersebut. Misalnya di Kabupaten Bandung ada 10 kecamatan, tidak semua mengalami kekeringan, melainkan hanya beberapa saja," kata Warsajaya.

Berdasarkan hasil rapat antara BPBD Jabar dengan BPBD kabupaten/kota di Jabar sejumlah daerah yang sudah  kekeringan di antaranya adalah kawasan pantai utara Jawa Barat. 

Pewarta: Ajats

Editor : Sapto HP


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2015