Pemerintah Kota (Pemkot) Bogor melalui Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) memperkuat tiga pilar utama, yakni manusia, proses, dan teknologi terkait meningkatkan keamanan siber, .

Sekretaris Diskominfo Kota Bogor Oki Tri Fasiasta Nurmala Alam di Kota Bogor, Kamis, mengatakan tiga pilar utama itu bersifat linier dan tidak bisa tertinggal satu.

“Secara linier semua ditingkatkan levelnya. Salah satunya penanaman inside untuk seluruh stakeholder sistem pemerintahan berbasis elektronik dan smart city di Kota Bogor,” kata Oki.

Oki menjelaskan, pada pilar manusia, kompetensi kapasitas terus ditingkatkan dan diperbaharui dalam hal keamanan informasi, untuk memperkuat SDM digital sehingga bisa menguasai kode-kode sumber.

Selanjutnya, kata Oki, untuk pilar proses diperkuat melalui sistem informasi yang memiliki proses bisnis elektronik tertentu, dalam kode sumber infrastruktur aplikasi.

Kemudian pilar ketiga yakni teknologi, dijelaskan Oki, biasanya menjadi dasar bagaimana sistem itu dikembangkan untuk mengembangkan teknologi.

“Teknologi komputasi yang lebih tinggi, maka virusnya akan lebih tinggi. Makin naik teknik komputasinya, maka serangan keamanannya akan semakin canggih dan cerdas, jadi tiga pilar ini kita tingkatkan bersama,” ujarnya.

Dalam upaya menjaga keamanan siber, Oki mengatakan, Diskominfo Kota Bogor telah menerapkan regulasi standardisasi aplikasi oleh tim standardisasi melalui proses asesmen yang ketat terhadap aplikasi yang akan dibangun.

 

Pewarta: Shabrina Zakaria

Editor : Yuniardi Ferdinan


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2024