Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kota Cirebon, Jawa Barat, membentuk regu khusus yang bertugas melakukan pengamanan dalam pelaksanaan berbagai ajang pariwisata dan kegiatan rekreasi di daerah itu.
 
“Pembentukan regu ini untuk memberi kenyamanan bagi wisatawan yang berkunjung, serta guna mendukung perkembangan sektor pariwisata di kota ini,” kata Kepala Satpol PP Kota Cirebon Edi Siswoyo di Cirebon, Senin.

Baca juga: Kota Cirebon andalkan empat keraton untuk dongkrak kunjungan wisata
 
Ia menjelaskan bahwa regu khusus ini terdiri dari delapan anggota yang telah mendapatkan pelatihan terkait pariwisata, dengan penekanan untuk menjaga keamanan sesuai peraturan daerah (perda) di Kota Cirebon.
 
Dengan demikian, kata dia, para petugas itu bisa melakukan penanganan yang tepat apabila terdapat gangguan keamanan dalam kegiatan pariwisata maupun di destinasi wisata.
 
Menurutnya, pembentukan regu ini merupakan bagian dari komitmen Pemerintah Kota Cirebon untuk menjaga kelancaran berbagai kegiatan pariwisata yang digelar di wilayahnya.
 
“Anggota regu telah dibekali dengan pengetahuan terkait pariwisata, khususnya mengenai aspek keamanan, agar dapat memberikan rasa aman bagi pengunjung,” ujarnya.
 
Edi menjelaskan regu ini akan dikerahkan ke sejumlah tempat wisata utama di Kota Cirebon, termasuk Keraton Kasepuhan, yang merupakan salah satu ikon pariwisata di kota tersebut serta tempat wisata lainnya.
 
Selain itu, regu ini juga akan hadir di berbagai ajang tertentu yang diadakan pada tempat strategis untuk memastikan semua kegiatan berjalan dengan lancar dan aman.
 
"Dengan adanya regu khusus ini, diharapkan setiap kegiatan pariwisata di Kota Cirebon dapat terlaksana dengan baik dan memberikan pengalaman yang menyenangkan bagi para wisatawan," ujar Edi.
 
Dia menambahkan dalam waktu dekat, anggota regu khusus ini bakal ditambah sehingga tugas-tugas untuk menjamin kelancaran aktivitas pariwisata di Kota Cirebon dapat berjalan lebih efektif lagi.
 
“Kami turut mendukung program pemerintah daerah dalam memajukan sektor pariwisata, khususnya memperkuat citra Kota Cirebon sebagai destinasi wisata yang aman dan nyaman,” ucap dia.

Baca juga: Kota Cirebon fokus optimalkan wisata bahari di Pantai Kejawanan

Pewarta: Fathnur Rohman

Editor : Yuniardi Ferdinan


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2024