Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Cirebon, Jawa Barat, melibatkan sejumlah seniman guna mementaskan tarian tradisional untuk menyambut bakal calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Cirebon yang mendaftar pada pemilihan kepala daerah (Pilkada) 2024.
 
“Kesenian yang dipentaskan ini merupakan tarian bernama Papag Bala Rempeg Sedulur. Kami melibatkan seniman dari sanggar seni yang ada di Keraton Cirebon,” kata Ketua KPU Kota Cirebon Mardeko di Cirebon, Kamis.

Baca juga: KPU Kota Cirebon menerima pendaftar pertama Pilkada 2024
 
Ia menjelaskan, tarian tersebut biasanya dipentaskan untuk menyambut tamu atau pasangan pengantin. Namun kesenian ini kini ditampilkan guna menerima para bakal calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Cirebon.
 
Tarian ini, kata dia, dimainkan oleh penari dengan jumlah empat hingga tujuh orang yang membawa mangkuk berisi bunga dengan diiringi musik gamelan.
 
“Gerakan tarinya dinamis dan santai. Sebab, kesenian ini dipentaskan untuk menyambut para tamu atau saat ini adalah bakal pasangan calon kepala daerah,” katanya.
 
Mardeko menyampaikan bahwa tarian ini sengaja ditampilkan pada tahapan pendaftaran Pilkada 2024 di Kota Cirebon, untuk merajut persaudaraan dan solidaritas.
 
Pihaknya menilai meskipun kontestasi pilkada merupakan tahapan yang sengit, tetapi pesta demokrasi tersebut harus dilakukan dengan baik tanpa adanya perselisihan.
 
Dengan pementasan seni tari ini, kata dia, KPU Kota Cirebon ingin menyampaikan pesan kalau Pilkada 2024 dapat dilaksanakan secara damai dengan lebih mempererat persatuan dan persaudaraan.
 
“Kami ingin memastikan pelaksanaan Pilkada 2024 di Kota Cirebon, bisa berlangsung dengan baik,” ujarnya.
 
Mardeko menambahkan, pada hari terakhir pendaftaran Pilkada 2024, pihaknya telah memberikan kesembatan bagi para bakal calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Cirebon untuk menyampaikan beberapa keterangan terkait dengan tahapan tersebut.
 
“Kami memberikan kesempatan bagi pasangan calon, untuk menginformasikan kepada publik bahwa mereka sudah melakukan proses pendaftaran Pilkada 2024,” ucap dia.

Baca juga: Parpol dengan 17.103 suara bisa usung calon di Pilwalkot Cirebon

Pewarta: Fathnur Rohman

Editor : Yuniardi Ferdinan


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2024