Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Tasikmalaya, Jawa Barat, menerima pendaftaran bakal pasangan calon Bupati-Wakil Bupati Tasikmalaya Iwan Saputra-Dede Muksit Aly sebagai peserta dalam Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Tasikmalaya tahun 2024.

"Berkas persyaratan pendaftaran pencalonan pasangan Iwan-Dede sudah diterima KPU untuk diperiksa," kata Ketua KPU Kabupaten Tasikmalaya, Ami Imron Tamami usai menerima pendaftaran bakal calon peserta pilkada di Kantor KPU Tasikmalaya, Rabu.

Ia menuturkan berkas persyaratan calon yang diusung partai politik itu sementara waktu secara administrasi sudah dinyatakan lengkap untuk persyaratan menjadi calon peserta Pilkada Kabupaten Tasikmalaya.

Meski begitu, lanjut dia, KPU Kabupaten Tasikmalaya tetap akan memverifikasi seluruhnya untuk selanjutnya akan diberitahukan kepada partai politik pengusung terkait kelengkapan persyaratannya.

KPU Tasikmalaya, kata dia, sesuai tahapan mulai 29 Agustus sampai 4 September 2024 akan melakukan penelitian terhadap berkas persyaratan pendaftaran tersebut. Jika ada perbaikan maka batas waktunya mulai 6 sampai 8 September 2024.

"Ini akan diverifikasi, dan dilakukan penelitian berkas administrasi untuk ditentukan keabsahannya," katanya.

KPU Kabupaten Tasikmalaya pada tahapan penerimaan pendaftaran bakal pasangan calon bupati-wakil bupati pada 27 - 29 Agustus 2024 sudah menerima dua pasangan calon yang daftar menjadi peserta pilkada.

Pasangan calon sebelumnya di hari pertama pendaftaran yakni Cecep Nurul Yakin-Asep Sopari Al Ayubi yang diusung dari partai politik yakni PPP, Gerindra, PKS, dan Demokrat.

Selanjutnya pasangan pendaftar di hari kedua yakni Iwan-Dede diusung oleh Partai Golkar dan Partai Amanat Nasional (PAN) ditambah delapan partai non-parlemen seperti PSI, Partai Perindo, Hanura, Buruh, Partai Kebangkitan Nasional, Partai Gelora, Partai Ummat, dan Partai Garuda.
 
Bakal calon bupati, Iwan Saputra mengatakan, pendaftaran tersebut menjadi momentum dan hari bersejarah untuk melakukan perjuangan membangun dan menjadikan Kabupaten Tasikmalaya sejahtera lahir dan batin.

"Mudah-mudahan daftar di hari ini adalah hari kemenangan. Insyaallah menjadi titik menjemput takdir kita, saatnya menang untuk perbaikan," kata Iwan yang pernah maju menjadi peserta pilkada sebelumnya.

 

Pewarta: Feri Purnama

Editor : Zaenal A.


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2024