Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Ciawi, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, memamerkan inovasi berupa Strategi Optimalisasi Sistem Rujukan Kegawatdaruratan Berbasis Masyarakat atau SiGardaMas.

Direktur RSUD Ciawi dr Fusia Meidiawaty di Cibinong, Rabu, mengungkapkan inovasi yang dihadirkan kali ini merupakan jawaban atas tantangan besar dalam sistem rujukan kegawatdaruratan yang sering kali dihadapi.

SiGardaMas merupakan sebuah sistem digital yang dirancang untuk mempercepat respons terhadap panggilan darurat medis.

Melalui pemetaan wilayah secara digital, sistem ini dapat mengidentifikasi ambulans desa terdekat dengan lokasi pasien dan mengarahkannya ke tempat kejadian.

Integrasi dengan layanan telemedicine memungkinkan dokter untuk memberikan arahan medis yang tepat kepada petugas ambulans sebelum tiba di lokasi pasien.

Menurut dr Fusia, dengan melibatkan masyarakat secara langsung dan memanfaatkan teknologi modern, sistem ini meningkatkan kecepatan dan ketepatan penanganan kegawatdaruratan.

“Inisiatif ini diharapkan akan membawa dampak positif yang signifikan bagi masyarakat kita, khususnya dalam situasi-situasi yang memerlukan penanganan cepat dan tepat,” jelas dr Fusia.

Ia mengatakan, SiGardaMas menjadi bentuk keseriusan untuk meningkatkan pelayanan kepada masyarakat dengan berkolaborasi bersama Puskesmas dan ambulans desa.
 

Pewarta: M Fikri Setiawan

Editor : Yuniardi Ferdinan


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2024