Penjabat (Pj) Wali Kota Bandung Bambang Tirtoyuliono meminta semua pihak, yakni masyarakat, aparat keamanan, pemerintah, penyelenggara pemilu, dan partai politik untuk menjaga kondusivitas menjelang Pemilihan Kepala Daerah 2024 agar berjalan dengan lancar, aman dan damai.

"Kita harus punya optimisme. Saya minta kepada semua pihak, bagikan informasi secara proporsional. Jangan membagikan berita yang memancing ketidaknyamanan," kata Bambang di Bandung, Selasa.

Baca juga: Pemkot Bandung gelorakan deklarasi damai menjelang Pilkada 2024

Bambang mengatakan kesuksesan pelaksanaan Pilkada tidak hanya menjadi tanggung jawab pemerintah dan penyelenggara pemilu, melainkan juga menjadi tanggung jawab masyarakat secara penuh dalam berperan aktif menjaga kondusivitas di wilayah masing-masing.

“Pemerintah kota sangat mendukung untuk menyelenggarakan Pilkada tanggal 27 November akan datang, begitu juga dengan semua organisasi kemasyarakatan, semua partai politik dan semua elemen masyarakat untuk menyelenggarakan secara damai,” katanya.

Lebih lanjut, kata dia, Pemerintah Kota Bandung telah menargetkan tingkat partisipasi masyarakat dalam Pilkada 2024 bisa mencapai 90 persen.

“Hari ini kita mempunyai sebuah keinginan bahwa angka partisipasi pemilihan di Pilkada pada 27 November yang akan datang bisa di atas 90 persen,” kata Bambang

Ia mengatakan dengan berbagai sosialisasi dan edukasi yang telah dilaksanakan pemerintah kota bersama penyelenggara pemilu, baik KPU maupun Bawaslu, tingkat partisipasi masyarakat pada Pemilu 2024 mencapai sekitar 82,9 persen.

"Berkaca pada penyelenggaraan pemilu bulan Februari yang lalu, kita sudah bisa menyelenggarakan secara damai, kondusif dan itu adalah tolak ukur kita," kata dia.


Sementara itu, Kapolrestabes Bandung, Kombes Pol Budi Sartono menyebut telah menyiapkan sebanyak 1.512 personel gabungan dari TNI, Polri maupun unsur dari Pemkot Bandung untuk mengamankan pelaksanaan Pilkada di Kota Bandung.

Budi mengungkapkan Pilkada Serentak 2024 merupakan momentum penting bagi proses demokrasi di Kota Bandung. Oleh karena itu, ia memastikan seluruh proses pengamanan harus dilakukan secara seksama dan dengan baik.

"Setiap tahapan memiliki kerawanan masing-masing, sehingga tahapan ini perlu dipastikan berlangsung aman, nyaman, dan sejuk," kata dia.

Baca juga: KPU Kota Bandung menetapkan DPS Pilkada 2024 sebanyak 1.890.607 jiwa

Pewarta: Rubby Jovan Primananda

Editor : Yuniardi Ferdinan


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2024