Antarajawabarat.com, 7/5 - Komisi I Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Jawa Barat telah mengantongi 10 nama kandidat calon komisioner Komisi Informasi Provinsi (KIP) Provinsi Jawa Barat periode 2015-2020, yang.

"Kami juga sudah melakukan uji kelayakan terhadap para calon kandidat komisioner KIP Jabar periode 2015-2019, pada hari Selasa dan hari ini," kata Ketua Komisi I DPRD Jawa Barat Syahrir, di Bandung, Rabu.

Menurut dia, dari 10 nama kandidat calon komisioner KIP Provinsi Jawa Barat, salah satunya ialah mantan Sekretaris MUI Jawa Barat, yakni Asep Salahudin.

"Kemudian ada tiga nama petahana yang kini mendaftar kembali. Salah satunya Ketua KIP Jabar terakhir, Dan Satriana," kata dia.

Ia menjelaskan, setelah melakukan uji kelayakan dan kepatutan maka nantinya akan ditentukan lima nama yang akan mengisi posisi komisioner KIP Jawa Barat.

Untuk mekanisme penentuannya, lanjut dia, akan dilakukan berdasarkan penilaian pihaknya terhadap sejumlah tes yang diberikan sebelumnya kepada para kandidat.

"Sehingga ke depannya kami akan mengadakan rapat pleno. Untuk menetapkan siapa yang lebih baik, berdasarkan penilaian," katanya.

Pihaknya menegaskan tidak akan mengistimewakan salah satu kandidat calon komisioner KPI Provinsi Jabar.

"Intinya akan ada lima nama yang memiliki nilai teratas, akan menjadi komisioner KIP Jabar periode kali ini. Dan lima nama di bawahnya menjadi cadangan jika kandidat terpilih gagal dilantik," kata dia.

Dirinya berharap komisioner KIP Provinsi Jawa Barat yang terpilih nanti harus lebih baik lagi dalam menjalankan tugas karena keingintahuan masyarakat Jabar akan informasi publik tergolong tinggi.

"Tentunya kami berharap KIP ke depan lebih profesional, dapat menjembatani keterbukaan informasi yang dibutuhkan masyarakat. Bukan orang-orang yang ingin mencari kepentingan pribadi," katanya.***2***

Ajat S

Pewarta:

Editor : Irawan


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2015