Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung menggelar gerakan pangan murah (GPM) yang menyediakan berbagai komoditas terjangkau sebagai upaya mengendalikan laju inflasi pada Agustus 2024.

Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP) Kota Bandung, Gin Gin Ginanjar menyebutkan hingga saat ini program GPM telah digelar sebanyak 24 kali yang menyasar ke berbagai lokasi di Kota Kembang.

Baca juga: Pemkot Bandung mempermudah layanan pengaduan KDRT lewat Senandung Perdana

“Khusus Agustus 2024 ini kita malah intensitas nya lebih banyak menggelar GPM dengan hampir empat kali kita sudah lakukan termasuk hari ini,” kata Gin Gin di Bandung, Rabu.

Gin Gin mengatakan kegiatan GPM ini akan terus dikembangkan dengan berbagai pihak untuk mampu digelar secara masif diberbagai wilayah, guna memastikan pasokan bahan pokok dapat dijangkau khususnya kepada masyarakat yang berada di pinggiran kota.

“Pada tahun ini kita mengalokasikan sebanyak 46 kegiatan GPM hingga akhir tahun untuk menghadirkan kebutuhan pokok masyarakat dengan harga yang lebih terjangkau,” kata dia.

Ia mengatakan melalui kegiatan GPM, masyarakat akan mendapatkan komoditas pangan dengan harga murah karena mendapatkan subsidi harga setiap komoditas dari Rp2.000 hingga Rp3.000.

“Karena di saat harga beberapa pangan pokok sedang naik dan banyak dibutuhkan. Kita hadir di sini dengan selain kualitas dari sisi pasokan juga harga karena mendapatkan subsidi dari pemerintah,” katanya.

Adapun beberapa bahan pangan yang dijual diantaranya beras SPHP Rp58 ribu per lima kilogram, gula pasir Rp19 ribu per kilogram, minyak goreng Rp15 ribu per liter.


Kemudian komoditas lainnya, seperti telur ayam Rp25 ribu per kilogram, daging ayam Rp30 ribu per ekor, bawang merah Rp20 per kilogram, bawang putih Rp37 ribu per kilogram, cabai rawit merah Rp57 ribu per kilogram.

Selain menyediakan pangan murah, lanjut Rima pihaknya juga memfasilitasi pemeriksaan rabies pada hewan dan pemeriksaan uji bahan pangan ke masyarakat secara gratis.

“Jadi sebetulnya kelebihan dari Kota Bandung ini, setiap melaksanakan GPM itu kita kolaborasi dengan bidang lain seperti memberikan vaksinasi kepada hewan peliharaan hingga pemeriksaan uji makanan,” kata Gin Gin.

Baca juga: Pemkot revitalisasi Alun-alun Bandung dengan mengganti rumput sintetis

Pewarta: Rubby Jovan Primananda

Editor : Yuniardi Ferdinan


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2024