Antarajawabarat.com, 2/5 - Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) Jawa Barat bekerja sama dengan Bandung Screen College (BSC) mengembangkan inkubasi industri konten digital di lingkungan sekolah.

"Program ini untuk mengembangkan inkubasi industri konten digital, sekaligus merangsang kreatifitas pada pelajar terhadap sektor itu," kata Ketua PGRI Jabar HK Edi Permadi di Bandung, Sabtu.

Program itu diperkenalkan dan digulirkan baik di tingkat SD, SMP, SMA, SMK dan MA. Langkah itu sebagai program untuk mengembangkan industri konten di lingkunan sekolah. Program ini dibuat agar dapat meningkatkan industri kreatif di bidang multimedia.

Edi Parmadi menyambut baik penyelenggaraan program ini. Menurutnya program dengan konsep ini merupakan yang pertama kalinya di Indonesia.

"Bagaimanapun PGRI Jabar harus yang pertama dalam mengembangkan inovasi pendidikan di Indonesia," kata Edi.

Sementara itu CEO Bandung Screen College (BSC) Arvin Miracelova menyebutkan program itu merupakan langkah pengembangan dalam membentuk inkubator school digital company di berbagai sekolah yang bekerjasama dengan PGRI Jabar.

Program yang merupakan kerjasama PGRI Jabar dan BSC itu ke depan akan bekerja sama dengan industri media untuk membangun market place nasional dan internasional.

Arvin berharap dari program kerjasama ini akan terbangun inkubator perusahaan digital di sekolah-sekolah yang bekerjasa sama dengan PGRI Jabar.

"Program ini juga bekerja sama dengan perusahaan broadcast. Jadi school digital company ini juga dapat bergerak di bidang broadcast, tidak hanya di bidang broadband," kata Arvin.

Menurut dia secara konten, program ini akan menghasilkan konten edukatif yakni konten berbasis siswa dan konten berbasis guru. Nantinya akan ada pula konten yang dihasilkan dengan kerjasama antara guru dan siswa, misalnya konten berbahasa Inggris hasil kolaborasi antara guru bahasa inggris dengan siswa yang suka berbahasa Inggris.

Program Student Incubator Corporate itu akan melahirkan sumber daya manusia yang dibutuhkan untuk membangun televisi yang akan dinamai Televisi Guru Indonesia (TVGI). TVGI adalah lembaga media yang akan dibentuk PGRI Jabar.***2***


Ganda

Pewarta:

Editor : Syarif Abdullah


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2015