Pemerintah Kabupaten Kuningan, Jawa Barat, memanfaatkan ajang Tour de Linggarjati 2024 untuk memperkenalkan sektor pariwisata dengan mengusung konsep sport tourism.

Penjabat Bupati Kuningan Iip Hidajat di Kuningan, Sabtu, mengatakan sport tourism merupakan konsep yang memadukan kegiatan olahraga dengan aktivitas wisata dan salah satu contohnya yakni ajang balap sepeda.

Baca juga: Seratusan pembalap mengikuti ajang Tour de Linggarjati 2024 di Kuningan

“Ajang Tour de Linggarjati 2024 pada Sabtu ini tujuan utamanya mengangkat potensi pariwisata di Kuningan karena memiliki panorama alam yang bagus dan banyak destinasinya,” kata dia.

Ia menjelaskan dalam perlombaan ini, setiap pembalap sepeda diharuskan untuk menempuh perjalanan dengan jarak tertentu sembari menaklukkan rute yang sudah ditentukan.

Adapun rute tersebut, kata Iip, mencakup kawasan pariwisata di Kuningan yang berada di dua kecamatan seperti kawasan Cisantana dan Cipari.
 

"Persiapan tahun ini lebih matang, dengan jumlah sponsor yang lebih banyak. Keamanan juga ditingkatkan karena perlombaan ini melibatkan kecepatan tinggi dan setiap titik dijaga ketat."

Menurut Iip, tantangan dalam perlombaan ini melibatkan kontur jalan yang naik turun di Kuningan dan para peserta bisa melihat beberapa lokasi yang memiliki lanskap alam cukup unik.

"Kecepatan turun bisa sangat tinggi, sementara tanjakan lebih berat. Tantangan utama bagi pembalap adalah bagaimana mengendalikan emosi dan menguasai teknik di lapangan."


Ia juga menekankan bahwa ajang ini menjadi kesempatan bagi Kuningan untuk meningkatkan daya tarik wisata, serta mengembangkan minat masyarakat terhadap olahraga balap sepeda.

Iip menambahkan berdasarkan data pada 2023, tercatat sebanyak 2,4 juta turis sudah berkunjung ke Kuningan selama tahun tersebut dan realisasinya lebih tinggi dari target 2 juta wisatawan yang ditetapkan.

"Tour de Linggarjati 2024 masuk dalam Calendar of Event 2024 di Kuningan. Jadi kami upayakan agar para turis yang datang ke kabupaten ini bisa menyaksikan ajang-ajang bergengsi tingkat nasional,” ucap dia.

Selain Tour de Linggarjati, Kabupaten Kuningan juga pernah menjadi salah satu daerah yang masuk dalam rute balap sepeda bertajuk Cycling de Jabar pada 25 Mei 2024 untuk mengangkat potensi wisata daerah timur yakni kawasan Pantura sampai Priangan.
 

Baca juga: Kuningan promosikan wisata lewat ajang Tour de Linggarjati 2024

Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Pemkab Kuningan kenalkan “sport tourism” lewat Tour de Linggarjati

Pewarta: Fathnur Rohman

Editor : Yuniardi Ferdinan


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2024